Selasa, 14 April 2015

Sehat Cara Alamiah - Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 2)

Lanjutan .... Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 2) 

6. Faktor Genetik Penyebab 90% Kerontokan Rambut Pria  

 Meskipun banyak sifat keluarga yang diwariskan secara genetik kepada anak keturunan kita, tetapi kalau bicara soal rambut, maka garis keturunan ibu kita akan lebih berpengaruh daripada garis keturunan ayah kita. Jadi coba perhatikan ciri ciri keluarga dari kakek kita dari pihak ibu, hal ini akan memberi kita pertanda tentang masa depan penampilan fisik kita.
Corak kebotakan rambut pria biasanya dimulai dari daerah samping kepala kita yang kemudian menuju ke puncak kepala, sehingga menyisahkan bentuk rambut tapal kuda sekitar kepala kita.
Beberapa jenis obat penumbuh rambut bisa memperlambat proses kebotakan karena faktor genetik ini.    

Kebotakan Rambut Pria - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.


7. Pola Kebotakan Wanita 

Rambut rontok pada wanita adalah keadaan rambut yang menipis diseluruh batok kepalanya, tapi lebih sering terjadi pada puncak kepalanya.

Tidak seperti pria, pada wanita itu kejadian botak lebih jarang, dan juga wanita lebih lambat mengalami kebotakan daripada pria.

Sebaliknya dari keyakinan kebanyakan orang, ternyata rambut yang panjang pada wanita tidak menambah beban pada akar rambut tersebut, yang katanya, akan menyebabkan rambutnya lebih gampang rontok.

Demikian juga waktu mencuci rambut panjang dengan shampoo tidak akan menyebabkan rontoknya rambut. Kalau ada yang rontok sewaktu mencuci rambut, itu memang karena rambut tersebut sudah terlepas bukan karena pengaruh proses perbersihan dengan shampoo.

Obat penyubur rambut akan mencegah kerontokan dan penipisan rambut kepala kita 

Kerontokan Rambut Wanita - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.

8. Mencegah Kerusakan Rambut Karena Panas Matahari 

Akibat paparan sinar matahari yang berlebihan, rambut akan menjadi kering garing, kusam dan mudah patah dan mudah terbelah ujung rambutnya.
Bagi kita yang sudah berambut tipis, maka paparan sinar matahari berlebihan akan mengakibatkan luka bakar pada kulit kepala kita juga.
Untuk menghindari hal ini pilihan produk rambut dengan efek tirai surya untuk melindungi, meskipun produk tersebut juga tidak akan mungkin menutupi seluruh helai rambut kita secara merata.
Oleh karena itu, adalah lebih baik mengenakan topi bila berada diluar ruangan dan terpapar sinar matahari cukup lama -- terutama bila rambut kita yang telah menipis dan kulit kepala yang akan langsung terpapar dengan sinar matahari.

Rambut Terpapar Sinar Matahari -  © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved
  

9. Rambut Yang Berkilau Sehat Memerlukan Zat Nutrizi  

Apakah diet yang ketat bisa menyebabkan kerontokan rambut ? Jawabannya bisa dalam hal yang ekstrim.

Rambut kita memerlukan protein, juga zat besi untuk tetap sehat, juga memerlukan zat gizi yang lain seperti asam lemak omega 3, zink  dan vitamin A. Tapi dalam jumlah yang memadai saja. Kalau teralu banyak malahan bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Diet yang terlalu rendah dalam kalori seringkali juga kekurangan kandungan zat nutrient yang akan menghambat pertumbuhan rambut atau menyebabkan rambut menjadi kusam dan kusut. Bila kekurangan nutrient ini menjadi hebat, seprti yang terjadi pada orang dengan pola makan yang salah, maka akibatnya rambut akan rontok.

Nutrient optimal menjaga kesehatan rambut -  © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved


10. Kesehatan Rambut dan Pola Makan Sehat

Agar supaya rambut bercahaya makanlah ikan salmon dan kacang walnut untuk memperoleh asam lemak omega 3 ; makanlah sayuran bayam dan wortel untuk memperoleh vitamin A; kacang brazil untuk mineral selenium dan kerang tiram dan kacang cashew untuk mineral seng.

Semua zat nutrient tadi yang terkandung dalam pola diet yang rendah lemak, banyak kandungan biji2an dan sayuran, mempunyai efek ganda yaitu menjaga kesehatan kulit kepala, rambut juga sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

Makanan Sehat dan Efek Pada Rambut -  © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved







 Happy Healthy Living !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar