Senin, 09 Maret 2015

Sehat Cara Alamiah - Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 1)


Apakah Rambut kita menggambarkan tingkat kesehatan tubuh kita ?
Mungkin saja, karena ada beberapa kondisi dan juga beberapa jenis obat2an yang dapat mempengaruhi tubuh kita termasuk rambut kita. Dengan kata lain, barangkali kita dapat mengetahui tingkat kesehatan kita dengan cukup hanya memperhatikan lebih seksama keadaan rambut kita dan merawat kesehatan rambut kita saja

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang berhubungan dengan kenyataan dan atau hanya kepercayaan saja yang berhubungan dengan status kesehatan tubuh dan kaitannya dengan keadaan rambut kita.  

1. Serpihan putih atau ketombe tidak berkaitan dengan kesehatan 

Ketombe tidak menular. Tetapi bagaimana kita menjadi ketombean ? Jujur saja, dokter juga tidak tahu jawabnya. 

Tetapi ada satu teori yang mengatakan bahwa ini mungkin karena jamur dikepala yang tumbuh subur. 

Faktor lain adalah karena kulit kepala yang berminyak, stress, obesitas atau kegemukan, udara yang dingin dan kering, atau menderita eksim atau penyakit psoriasis.

Meskipun memalukan, dan rasa gatalnya bisa tak tertahankan ... tapi ketombe adalah tidak bebahaya bagi kesehatan kita.

Ketombe - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.

Tips Pengobatan Ketombe

Untuk mengurangi sel kulit kepala mati yang akan menjadi ketombe, coba pergunakan shampoo antiketombe secara teratur setiap hari.
Setelah rambut basah dengan shampoo, dibiarkan selama 5 menit atau lebih, kemudian dibilas hingga bersih.
Mungkin saja harus mencoba beberapa jenis shampoo anti ketombe sebelum akhirnya mendapatkan jenis atau merek yang cocok dengan kondisi ketombe kita.
Jika hal ini tidak juga menolong, barangkali sudah waktunya minta bantuan kepada dokter  


2.  Ketombe Berwarna Kuning

Jika ketombe itu tampaknya berlemak dan berwarna kekuningan, mungkin anda sedang menderita penyakit  seborrheic dermatitis, ini adalah keadaan inflamasi dikulit yang banyak terdapat kelenjar minyak, seperti kulit kepala dan muka.

Ini berhubungan dengan keadaan hormonal, jamur dan juga beberapa kelainan neurologis.

Cara pengobatannya sama dengan pengobatan ketombe biasa, yaitu dengan menggunakan shampoo anti ketombe.
Untuk kasus yang berat, mungkin diperlukan pengobatan dengan obat steroid atau obat2an anti jamur. 
Minta nasehat dokter anda bila memerlukannya.



 Seborrheic dermatitis - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.




3. Kerontokan Rambut Yang Berlebihan      

Meskipun tidak ada angka yang pasti, tetapi beberapa orang ahli mengatakan bahwa kerontokan rambut kita yang masih digolongkan normal, adalah antara 100 lember atau lebih seharinya.
Ini adalah hal yang wajar, mungkin banyak orang tidak menyadarinya  

Ini bukan pertanda bahaya atau bahwa anda akan menjadi botak karenanya.

Sekitar 90% dari 100.000 buah folikel rambut, setiap saat akan terus menumbuhkan rambaut yang baru. Sedangkan 10% folikel rambut yang lain, sedang berada dalam fase istirahat (fase telogen), rambut yang rontok ini berlangsung sekitar 2 sampai 3 bulan. Kemudian akan digantikan dengan rambut baru, dan siklus pertumbuhan rambut akan dimulai lagi


Rambut Rontok - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.



4. Apa Penyebab Telogen Effluvium ?

Bila terjadi sesuatu yang bersifat drastis atau dramatis pada tubuh kita ---> seperti misalnya menjalankan pembedahan, setelah hamil dan habis melahirkan, sedang mendapatkan pengobatan tertentu, diet yang terlalu hebat dan ketat, stress yang sangat berat, masalah kesehatan pada kelenjar thyroid atau gondok, dan lain lain hal ---> akan menyebabkan pertumbuhan rambut kita terhenti atau yang disebut telogen state.
Sekitar 2 bulan kemudian, maka akan terjadi kerontokan rambut dan rambut menipis -- suatu keadaan yang disebut telogen effluvium, atau yang orang awam bilang bahwa rambut rontok segenggam sewaktu mau disisir. Dalam banyak kasus rambut yang baru akan segera tumbuh kembali juga. 

Telogen effluvium - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.



5.  Kerusakan Pada Folikel Rambut  

Pada yang disebut Alopecia areata, yang terjadinya karena sistim kekebalan tubuh kita membuat kesalahan dan menyerang folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok --> seringkali terjadinya secara mendadak saja. 
Umumnya orang akan mempunyai 1 atau 2 daerah kepala yang botak, tetapi pada beberapa kasus, menyebabkan kerontokan rambut seluruh tubuh. 
Alopecia areata adalah tidak berbahaya atau juga tidak bersifat menular, hanya saja sangat mempengaruhi keadaan psikologi penderitanya. 
Dengan sendirinya, nanti rambut akan tumbuh kembali tanpa kita berbuat sesuatu, tetapi pengobatan akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 
Hanya saja beberapa orang akan dan bisa mengalami kejadian alopecia areata ini secara berulang kali. 

Alopecia areata -  © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.



 Happy Healthy Living !

Bersambung ....

3 komentar: