Jumat, 26 Desember 2014

Sehat Cara Alamiah - Tidur dan Apa Tujuan Faedahnya ?

Sehat Cara Alamiah - Tidur dan Apa Tujuan Faedahnya ?  


Tidur adalah suatu proses fisiologis yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup; baik manusia juga hewan.
Dalam penelitian para ahli tentang Tidur, masih banyak misteri yang belum terungkap tentang makna tujuan dan faedah tidur. 



Tidur Nyenyak - Source: WebMD Image


Namun ada beberapa hal yang sudah kita ketahui dengan pasti bahwa Tidur itu diperlukan oleh tubuh untuk :


  1. Memperbaiki organ tubuh dan regenerasi sel tubuh yang memerlukan pertumbuhan  
  2. Memperbaiki luka dan cidera tubuh 
  3. Untuk pertumbuhan, untuk konservasi tenaga dan memperbaiki daya tahan tubuh 
  4. Untuk memulihkan fungsi otak seperti kemampuan otak untuk menganalisa, memberikan reaksi yang tepat atas rangsangan dari luar, dan kemampuan untuk mengingat jangka panjang atau ingatan otak atau memory 

Berikut ini ada beberapa hal yang menarik tentang Tidur yang berhubungan dengan Usia Manusia :

Pola Tidur Pada Saat bayi baru lahir hingga berusia 1 - 2 minggu kemudian : 
 
  • Memerlukan waktu rata rata 17 jam sehari untuk tidur 
  • Tujuan tidur adalah untuk proses tumbuh kembang bayi yang optimal 
  • Pada masa ini, bayi akan lebih banyak bermimpi selama tidur, hampir 40 - 50% dari waktu tidur ini bayi mengalami mimpi  
  • Selama tidur, bayi sering tertawa hingga bersuara dan atau bayi tersenyum manis  ... 
Sleeping beauty .. Google Free Image


Pola Tidur Saat Bayi Berusia 6 bulan atau lebih :


  • Diperlukan waktu sekitar 13 - 14 jam sehari untuk tidur 
  • Terjadi tidur siang beberapa kali dalam waktu siang hari, tetapi pada umumnya waktu siang lebih banyak terbangun daripada tidur 
  • Sudah terbentuk kebiasaan atau pola tidur saat malam hari 
  • Usahakan bayi tetap terbangun selama 2 - 2.5 jam setelah tidur siang, agar supaya tidak mengalami kesulitan saat harus tidur waktu malam hari  


Tertidur lelap tanpa pandang tempat -- Google Free Iamge


Pola Tidur Anak Usia Pra Sekolah :


  • Kebutuhan jam tidur semakin berkurang hingga hanya sekitar 12 jam saja sehari 
  • Usahakan anak tidur siang, karena istirahat tidur siang sangat diperlukan oleh anak usia pra sekolah 
  • Supaya waktu tidur malam tidak sering terbangun untuk buang air kecil, maka usahakan sebelum tidur malam anak jangan diberi minum yang terlalu banyak. Sering terbangun diwaktu malam, akan mengganggu kualitas tidur anak 


Pola Tidur Anak Pra Sekolah -- Google Free Image


Pola Tidur Anak Usia Sekolah Dasar : 


  • Keperluan tidur anak usia Sekolah dasar sudah berkurang menjadi 9 hingga 11 jam sehari 
  • Usahakan Pola Tidur yang baik, seperti tidur pada jam yang sama setiap hari, menyikat gigi dan menyuci muka dan merapihkan ranjang dan perlengkapan tidur sebelum tidur

Pola Tidur Anak Remaja :


  • Pada saat berusia remaja, maka sehari hanya diperlukan waktu untuk tidur sebanyak 7 - 8 jam saja 
  • Ini sesuai dengan kegiatan fisik dan mental anak remaja yang meningkat tajam dibandingkan pada usia sebelumnya 

  • Waktu istirahat tidur siang yang singkat, juga sangat bermanfaat bagi anak remaja karena akan memberikan waktu pemulihan bagi sel otak dan organ tubuh lainnya, yang relatif lebih aktif dari pada kelompok usia yang lain


Pola Tidur Anak Remaja -- Google Free Image


 Pola Tidur Orang Dewasa dan Orang Tua :


  • Orang dewasa dan orang tua hanya memerlukan waktu 7 - 8 jam saja untuk tidur dan beristirahat 
  • Bahkan ada orang tua yang jam tidurnya berkurang hingga hanya sekitar 6 jam sehari saja, yang diselingi dengan mereka sering tertidur pada saat siang atau sore hari sebelum jam tidur malam hari tiba 
  • Jam tidur yang paling ideal untuk golongan usia ini adalah antara jam 11 malam hingga jam 06 pagi hari
  • Agar supaya setiap malam bisa tidur dengan pulas dan nyenyak, usahakan tidur sebelum jam 11 malam hari

  • Jangan makan lagi 1 atau setengah jam sebelum tidur, jangan minum terlalu banyak sewaktu dan juga setelah makan malam, semua ini akan mengganggu nyenyaknya tidur malam 


Pola Tidur Orang Dewasa -- Google Free Image 


Efek buruk bila kita mengalami gangguan tidur :


  • Bila tidur kita kurang dari 6 jam setiap hari dan berlangsung lama, maka kemungkinan terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah sebanyak 35% 
  • Pola tidur yang terganggu, akan menyebabkan gangguan sistim immun atau gangguan daya tahan tubuh kita sehingga meningkatkan bahaya timbulnya penyakit keganasan atau kanker
  • Gangguan pola tidur, meningkatkan resiko menderita stroke, penyakit diabetes mellitus, dan meninggal pada usia yang lebih muda 
  • Kebiasaan tidur larut malam akan mengganggu proses perbaikan fungsi dan regenerasi sel organ hati 
  • Wanita yang sering mengalami gangguan pola tidur dan insomnia (sulit tidur), akan tampak lebih tua 5 - 10 tahun dibandingkan dengan wanita seusia yang mempunyai pola tidur yang baik   


Gangguan Tidur Insomnia -- Google Free Image
  • Bila mendengkur sewaktu tidur (gejalah sleep apnoe) , mintalah pertolongan dokter anda untuk mengatasinya, karena suara dengkur ini akan mengganggu kenyenyakan tidur anda sendiri dan juga partner anda
Mendengkur sewaktu tidur penyebab gangguan tidur partner -- Google Free Image








Tidak ada komentar:

Posting Komentar