Selasa, 02 Desember 2014

Sehat Cara Alamiah - Bagian Tubuh Yang Aneh, Apa Penjelasannya ?

Sehat Cara Alamiah - Bagian Tubuh Yang Aneh, Apa Sebabnya ?

Sesekali kita menemukan orang dengan organ tubuh yang tidak seperti orang kebanyakan yang kita anggap normal, misalnya ada orang dengan warna mata yang berbeda antara matanya yang kiri dengan warna matanya yang sebelah kanan; atau orang dengan jari jemari tangan yang lebih banyak dari tangan orang yang normal. Dan masih banyak kelainan organ tubuh yang bisa kita temukan. 

Dan dari semua ini, apakah ada penjelasan yang logis atau masuk akal ? 

Berikut ini akan kita bahas satu per satu kelainan tubuh yang sering kita temukan berikut penjelasannya untuk memuaskan rasa ingin tahu kita. 

1. Mengapa ada orang dengan warna kedua buah matanya yang berbeda ? 
Apakah ini karena kekurangan atau defisiensi vitamin sewaktu kecil, atau ini terjadi karena trauma kekerasan pada mata, atau karena kelebihan sinar matahari ?
Ternyata jawabannya adalah karena trauma kekerasan pada biji mata kita. 

Hal ini disebut heterochromia, kejadian ini memang sangat jarang pada manusia, tetapi sangat umum terjadi pada binatang, misalnya pada anjing jenis Siberian Husky yang hidup didaerah kutub, warna mata mereka adalah berwarna hijau atau  berwarna biru, tetapi sering juga kita dapatkan pada seekeor anjing Siberian Husky yang mempunyai warna biji mata hijau dan biru sekaligus. 

Bagaimana hal ini dapat terjadi ? 
Ternyata terlalu banyak atau terlalu sedikit zat warna atau pigmen dalam iris mata yang menyebabkan terjadinya heterochromia ini, juga bisa disebabkan faktor genetik seperti halnya pada anjing jenis Siberian Husky atau karena trauma pada biji mata seperti yang sering terjadi pada manusia. 
                                                                           
 Heterochromia Manusia - Google Free Image

Heterochromia Siberian Husky - Google Free Image



 2. Adalah cukup sering bila kita dilahirkan dengan jari tangan atau  jari kaki yang lebih dari 10 buah. Hal ini kita sebut polydactyly. 

Dan ini biasana terjadi 1 bayi dari 1000 bayi yang dilahirkan. Jari yang berlebihan ini ukurannya lebih kecil dari jari yang normal, dan biasanya tidak ada tulang didalam jari ekstra ini. Jari ekstra ini tidak berbahaya, dan sering kali terjadi dalam satu keluarga, sehingga diduga memang ada faktor genetik yang berperan dalam hal ini. 

Sering kali jari ekstra ini tumbuhnya dekat jari telunjuk kita. Karena faktor kosmetik saja, jari ekstra ini bisa dihilangkan dengan bantuan dokter bedah, dan biasanya hal ini bisa kita lakukan setelah bayi berusia 1 tahun atau lebih.  

Polydactyly Tangan - Google Free Image 



  

3. Pernah dengar atau melihat orang lahir dengan buntut ? 
Apakah ini nyata atau hanya cerita saja ?

Ternyata ini benar terjadi meskipun jarang, bukan mitos yang diceritakan dari mulut ke mulut saja. 
Sering seorang bayi dilahirkan dengan sesuatu yang mirip buntut. Itu adalah tulang punggung ekstra yang tumbuh lebih dari normal atau diluar tempat yanag seharusnya. Keadaan demikian lebih sering terjadi pada orang yang dilahirkan dengan kondisi yang disebut spina bifida. 
Buntut ini bisa dengan mudah dibuang dengan bantuan seorang dokter bedah.   


Buntut pada manusia - Google Free Image 


4. Coba periksa daerah dada Anda, apakah Anda mempunyai puting susu yang lebih dari 2 buah jumlahnya ? 

Jika ya, maka sudah hampir pasti bahwa Anda adalah pria, dan hal ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, dan bukan hanya 3 buah puting saja, mungkin Anda memiliki lebih banyak lagi daripada hanya 3 buah. 
Hanya saja puting susu yang berlebih itu, karena bentuknya yang tidak khas, sehingga sering disalah anggap sebagai kutil dikulit dada kita. 

5. Orang lahir dengan jari jari tangan atau kaki yang menempel jadi satu kesatuan 

Seringkali diperlukan bantuan dokter untuk memisahkan jari jari tangan atau jari kaki yang tumbuh menyatu demikian. 
Kadang kadang ini disebabkan oleh kulit yang menyatukan mereka, tapi juga sering bahwa jari jari ini mempunyai pembuluh darah dan tulang yang sama, sehingga proses pemisahan ini menjadi tidak semudah yang kita duga sebelumnya. 

Nah kejadian ini yang disebut syndactyly dalam kedokteran, berapa sering terjadinya ? Ada sekitar 1 kasus dari setiap 2.500 bayi yang lahir dengan jari jari tangan atau kaki yang menyatu atau syndactyly.   

Syndactyly jari kaki - Google Free Image

Syndactyly jari tangan - Google Free Image


6. Adam's Apple atau Jakun dileher bagian depan, apakah ini hanya terdapat pada (anak) lelaki saja ?

Jika Anda menjawab Ya, maka Anda salah. 
Karena nyatanya Adam's Apple ini juga banyak ditemukan pada (anak) wanita juga. 

Jadi apa sebenarnya Adam's Apple atau jakun dibagian depan leher kita itu ? 
Benda itu adalah "kotak suara" kita atau dalam bahasa kedokteran disebut larinx, yang akan bertumbuh semasa kita mengalami masa pubertas, hanya saja pada anak lelaki pertubuhannya lebih besar daripada anak wanita sehingga tampak lebih menyolok pada anak lelaki, dan ini juga yang membuat suara anak lelaki berubah menjadi lebih dalam dan berat daripada suara anak wanita yang melengking tinggi dan halus. 

Wanita dengan Adam's Apple - Google Free Image


7. Siapa yang tidak tahu lesung di pipi yang membuat si empunya lesung menjadi tambah cantik manis ? 

Pertanyaannya apakah lesung pipi ini bertahan seumur hidup atau menghilang dengan bertambahnya usia kita ? 
Jawabnya lesung pipi ini akan menghilang setelah orang itu semakin tua. 

Lesung dipipi itu terbentuk karena menjadi titik temu otot2 pembentuk wajah kita, dan sewaktu otot2 itu bergerak, misalnya waktu tersenyum atau ketawa, maka lesung pipi ini akan tampak jelas. 
Lesung pipi ini selalu berubah sesuai dengan perjalanan waktu dan keadaan otot2 muka tadi, sehingga suatu waktu lesung pipi ini akan menghilang. 
Tapi berita bagus adalah bila Anda memiliki lesung di pipi, maka lesung pipi ini akan Anda wariskan kepada anak anak Anda juga ... jadi tidak hilang tanpa bekas begitu saja ... 


Lesung pipit - Google Free Image




8. Usus buntu ...Semua orang mempunyai usus buntu, tapi apakah kita tahu apa gunanya usus buntu ini ? 

Hingga detik ini masih banyak orang bahkan para ahli menganggap usus buntu itu tidak ada fungsinya, bahkan kedanag2 bisa menimbulkan kerepotan bagi pemiliknya, yaitu pada saat usus buntu ini mengalami infeksi akut, yang dapat menyebabkan keadaan gawat darurat dan bahkan menyebabkan kematian pemiliknya.  
Sehingga banyak orang membuang usus buntunya sebelum usus buntu itu menimbulkan masalah bagi pemiliknya. 

Namun penemuan terbaru berkata lain, ternyata usus buntu kita menjadi tempat reservoir atau kantong penyimpan bakteri2 pencernaan makanan yang sangat kita perlukan dalam sistim dan proses pencernaan makanan tubuh kita. Jadi jangan sembarangan kita membuang usus buntu kita ini       


  

Happy Healthy Living !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar