Rabu, 28 Mei 2014

Sehat Cara Alamiah - 4 Alasan Konsumsi Lebih Banyak Garam

 

Semua orang tentu tahu apa itu benda yang disebut GARAM atau dalam bahasa Inggris yang disebut SALT. 
Dalam sejarah Kekaisaran Romawi Kuno, garam adalah sangat penting dan vital, bahkan garam dipakai untuk membayar upah pekerja dan legion tentara Kekaisaran Romawi, maka zaman sekarang kita mengenal istilah gaji bulanan dengan sebutan SALARY...
Sea Salt..Google Free Image

Garam juga sudah diketahui manfaatnya yang sangat banyak dan juga vital, dari hanya untuk penyedap rasa makanan harian kita, hingga untuk pengobatan dan pengawetan bahan makanan sejak zaman dahulu kala. 
Tidak ada satupun rumah tangga yang tidak menyimpan dan mempergunakan GARAM.

Dan Garam yang sama pula yang sering dituding sebagai penyebab terjadinya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga penyakit jantung dan beberapa jenis penyakit pembuluh darah, maka tidak heran bila sekarang ini dibenak pikiran orang bahwa sebaiknya dalam makanan kita tidak mengkonsumsi garam berlebihan atau bilamana perlu pantang garam !  

Garam adalah unsur mineral utama untuk  kesehatan dan fungsi normal organ tubuh.
Ternaya tidak semua jenis garam akan menyebabkan penyakit. 
Tetapi garam yang diproses berlebihan inilah yang akan menjadi penyebab semua penyakit kardiovaskular yang disebutkan diatas. Jadi jenis garam yang dikonsumsi itu menjadi penentu.

Lalu jenis garam apa yang akan menyebabkan penyakit kardiovaskular tadi ? 
Adalah Garam meja yang disajikan dalam setiap rumah tangga yang menjadi penyebab. Garam meja ini telah diproses secara komersial, dan merupakan garam murni yang diproduksi oleh manusia.

Dalam proses pembuatan garam murni ini, telah menghilangkan banyak nutrient yang secara alamiah memang terdapat dalam garam tersebut, dan bahkan manusia menambahkan beberapa jenis zat kimia, termasuk senyawa florida, zat pemutih kimiawi, kalium iodida, monosodium glutamate atau penyedap rasa MSG, natrium karbonat dan juga yang disebut mono - co aluminate. 

Garam meja lah yang menjadi penyebab masalah kesehatan. Yaitu sebagai faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi dan peningkatan berat badan.  Bahkan garam meja juga dituding sebagai penyebab terjadinya dibetes type 2, penyakit Gout karena asam urat dan retensi air yang menyebabkan oedema atau bengkak pada tubuh. 

Dalam penelitian yang lain, maka garam meja juga bisa menyebabkan terjadinya kontraksi dan kejang otot tubuh, dan mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang, dan menyebabkan terjadinya depresi dan ketegangan atau anxietas.

Sebaliknya,garam laut sebagai mineral alami, yang dihasilkan dari proses penguapan air laut dengan pemanasan oleh sinar matahari. Tidak ada mineral alami yang akan hilang dalam proses pembuatan garam laut yang demikian. Dalam garam laut mengandung mineral sulfur, magnesium, silicon, boron, kalium, bromine dan strontium.

Garam laut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan selain memberikan mineral esensial untuk tubuh. Garam laut bisa membantu usaha penurunan berat badan, meredakan reaksi rangsangan kulit dan mengurangi gejalah penyakit asma. Konsumsi secara rutin garam laut juga bisa memperbaiki kadar gula darah dan berefek positif terhadap kesehatan jantung kita.   

Selan efek positif diatas, maka garam laut juga bisa mencegah kejang dan kram otot dan mengobati dehidrasi tubuh.

Saat ini kita bisa mendapatkan banyak jenis garam laut yang belum diproses di toko, tetapi perhatikan label garam tersebut, dapatkan garam laut yang belum dimurnikan (unrefined). Karena saat ini sudah ada garam laut yang juga sudah mengalami proses pemurnian..

Lalu kita akan bertanya jenis atau macam garam laut yang dimaksud.
Diliterature ini mereka mengemukakan ada 2 jenis Garam Laut yang terkenal karena mutu dan manfaatnya bagi kesehatan. Yaitu garam laut jenis Aztek Sea Salt dan Garam Himalaya.  

Kedua jenis garam laut ini mengandung mineral utama seperti fosfor, vanadium dan silikon juga natrium tanpa mengalami proses pemurnian dan penambahan zat kimiawi. 

Berikut ini adalah 4 alasan utama untuk mengkonsumsi garam laut  murni yang belum diproses dan mengandung banyak mineral esensial : 


1. Tubuh memrlukan garam untuk bisa berfungsi normal
 
Ion Natrium adalah penting untuk proses metabolisme didalam sel, dan mengatur cairan yang berada dalam lingkungan selular. Dan mempunyai peranan untuk mengatur fungsi yang normal dari sistim kardiovaskular(sistim pembuluh darah dan organ jantung), jaringan saraf dan juga sistim pencernaan tubuh.

Dengan mengkonsumsi garam alamiah yang belum diproses pemurnian, akan membantu pengangkutan nutrient antara sel tubuh, membantu sel otak berkomunikasi dengan sistim jaringan otot tubuh dan menstabilkan tekanan darah. Garam alamiah ini bahkan bisa memacu kreatifitas anda dan merangsang kemampuan otak untuk kerja lama. 

Sementara para ahli jantug dari the American Heart Association (AHA) merekomendasikan kurang dari 1500 mg natrium perhari, dan the Institute of Medicine juga merekomendasikan paling sedikit 1500 mg perhari, untuk menggantikan ion natrium yang hilang melalui urine dan keringat.
Tubuh memerlukan sekitar 500 mg natrium perhari untuk bertahan hodup. 


2. Terlalu sedikit garam bisa menyebabkan kerusakan / kelainan 

Kekurangan natrium, yang juga dikenal dengan istilah Hiponatremia, dapat menimbulkan komplikasi yang serius. Beberapa kondisi serius karena akibat hiponatremia yaitu tidak bertenaga atau lemas, kerusakan ginjal, pembengkakan otak, gagal jantung, kebingungan, sakit kepala, kejang dan bahkan hingga koma atau tidak sadarkan diri.

Sementara kita mungkin berpikir, bahwa terlalu banyak konsumsi garam adalah berbahaya, karena terlalu sering orang mengkaitkan antara konsumsi garam berlebih dengan penyakit hipertensi, penyakit jantung dan stroke. Padahal banyak dari dugaan terkaitan garam dengan kondisi diatas adalah tidak tepat. 

Karena tidak terdapat bukti yang kuat yang mengkaitkan jumlah konsumsi  garam dengan penyakit jantung.  Sedangkan penyakit hipertensi, telah diketahui konsumsi gula dan biji bijian berlebih yang akan menyebabkan penyakit hipertensi daripada konsumsi garam. 

Masalah konsumsi garam atau natrium ini baru akan timbul jika kadar ion Kalium dalam tubuh kita terlalu rendah. Ion Kalium ini adalah mineral penting yang berperan mengatur keseimbangan ion natrium dalam tubuh kita. Jika kita konsumsi garam berlebih dan tidak mendapatkan intake ion kalium yang cukup, baru akan terjadi yang disebut penyakit hipertensi.. 


3. Garam Alamiah mengandung mineral dan nutrient yang penting  

Salah satu sebab utama konsumsi garam dikaitkan dengan penyakit adalah karena lebih dari 80% garam yang dikonsumsi oleh warga Amerika (juga orang Indonesia), adalah berasal dari jenis makanan cepat saji atau makanan yang telah diolah terlebih dahulu. 

Garam yang digunakan dalam jenis makanan cepat saji dan makanan yang telah diproses adalah jenis garam meja yang sudah di proses murnikan, banyak zat nutrisi yang semula dikandung telah terbuang, bahkan ditambahkan penambah zat kimiawi. Beberapa jenis garam yang telah diproses juga mengandung tambahan flouride, inilah beda pokok dengan garam laut alami yang tidak diolah industri.     


4. Minum Air garam alamiah hangat dengan sederet manfaatnya 

Salah satu cara  memanfaatkan daya guna garam alami yang kaya dengan zat mineral adalah dengan minum segelas air garam hangat pada,waktu pagi hari. 

Campuran air dengan garam alami yang tidak diolah dikenal sebagai Sole, yang berasal dari kata Latin Sol atau matahari
Saat terbaik untuk minum Sol adalah sebelum makan pagi..  

Sole membantu fungsi ginjal, terutama untuk mempertahankan keseimbangan cairan tubuh. Ketika garam alami ini dicampur dengan air, maka campuran ini dengan mudah diserap oleh tubuh. Minum Sole pagi hari juga membantu tubuh menyerap air sepanjang hari tanpa membuat cairan diluar sel menjadi diencerkan berlebihan atau over diluted (hal ini bisa terjadi bila kita minum terlalu banyak tetapi tidak diimbangi dengan konsumsi garam atau ion natrium yang cukup)  

Kebiasaan minum Sole waktu pagi juga membuat pencernaan menjadi sehat, bisa memperbaiki kualitas tidur dan membantu proses detoksifikasi tubuh, karena garam alami ini juga mempunyai efek anti bakteri. 
Sole juga membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya, pembuluh darah yang menjadi sehat dan sangat bermanfaat untuk program penurunan berat badan.   

Untuk informasi lengkap tentang manfaat Sole, silahkan kunjungi : 
 recent article.

 Akhirnya: Garam sangat penting untuk kesehatan tubuh, dan garam bukan zat berbahaya yang harus ditakuti - hanya saja kita harus memilih garam yang tepat untuk dikonsumsi, itu saja...  

Membuat Garam Laut - Google Free Image



 
  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar