Selasa, 12 Mei 2015

Sehat Cara Alamiah - Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 3 - Selesai)

Lanjutan .... Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 3 - Selesai) 


11. Rambut Yang Memutih Sebelum Waktunya - Pengaruh Faktor Keturunan atau Genetika

Rambut yang  menjadi putih itu tidak selalu berkaitan dengan bertambahnya usia seseorang.
Jika anda belum berusia 40 tahun tetapi anda sudah memiliki rambut putih yang lebih banyak dari semestinya, maka ini adalah faktor keturunan keluarga anda.
Rambut yang memutih bukanlah pertanda bahwa tingkat kesehatan seseorang itu jelek, meskipun beberapa penyakit seperti anemia, masalah kelenjar thyroid atau gondok, defisiensi vitamin B12 dan juga vitiligo dapat menyebabkan rambut beruban yang sebelum waktunya.
Untuk mengatasi rambut beruban, orang memakai cat rambut, tetapi hati hati karena banyak orang yang alergi dan sensitif terhadap zat kimia yang terkandung dalam cat rambut tersebut. Kulit kepalanya menjadi gatal dan merasa terbakar olehnya. 

Rambut Beruban Sebelum Waktu - © 2014 WebMD, LLC. 


12. Kebotakan Akibat Kerusakan Akar Rambut Yang Sering Ditarik Kencang 

Menarik rambut terlalu kuat - seperti yang sering terjadi sewaktu kita membuat gaya rambut buntut kuda, rambut dikepang dll cara yang bisa merusak folikel atau akar rambut, menyebabkan rambut terbelah atau bahkan rontok. 
Cara memperpanjang rambut dengan menambah jumlah rambut pada ujung rambut yang ada dikepala, akan menambah beban rambut sehingga menarik dan merusak akar rambut,dan terjadi kebotakan karena tarikan (traction alopecia) yang permanen.  

Dengan merubah gaya rambut dari waktu ke waktu, akan merangsang pertumbuhan rambut normal kembali 


Traction Alopecia - © 2014 WebMD, LLC.



13. Kelemahan Rambut Karena Di Atur Berlebihan

Rambut yang terlalu sering diblow / ditiup, meluruskan atau mengeritingkan rambut dengan jepitan panas, mewarnai rambut atau menghilangkan warna pada rambut (bleaching), bahkan juga rambut yang terlalu sering disisir, akan merusak lapisan luar rambut yang disebut kutikula, sehingga lapisan dalam rambut menjadi terpapar langsung dan rambut akan tampak kering dan kusam.

Meskipun hal ini tidak menyebabkan kerusakan permanen rambut, tetapi tindakan mengatur rambut yang berlebihan ini akan menyebabkan kita harus memotong rambut tersebut agar supaya rambut tersebut bisa tumbuh normal dan sehat kembali.
Untuk rambut yang sehat, jangan terlalu banyak diatur, apalagi berlebihan

Rambut Jangan Diatur Berlebihan - © 2014 WebMD, LLC.
 



14.  Efek Samping Obat Terhadap Kesehatan Rambut Yang Tak Kita Duga

Diantara jenis obat2an yang diketahui mempunyai efek samping kerontokan rambut adalah obat2an anti pembekuan darah, obat yang berfungsi menurunkan kadar kholesterol, obat anti depresan, obat anti nyeri golongan non steroid (NSAID) dan obat2an untuk mengatasi gejalah menopause, obat untuk keluarga berencana (Family Planning) dan obat2an antibiotik tertentu.

Namun umumnya, rambut akan bertumbuh kembali ketika pasien telah menghentikan konsumsi obat2 an tersebut tadi, meskipun hal ini tidak terjadi pada semua kasus.

Kerontokan Rambut Akibat Efek Samping Obat2an Tertentu -  © 2014 WebMD, LLC.


15. Kenikmatan Karena Keramas Rambut dan Kulit Kepala

Ada kepercayaan bahwa secara teratur mengeramas rambut dan mengurut kulit kepala akan memperlambat proses kerontokan rambut, ternyata ini tidak terbukti secara ilmiah.

Tetapi proses mengeramas dan mengurut kulit kepala adalah sangat mujarab untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan strss.
Kulit kepala kita ditumbuhi oleh ujung saraf sehingga menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan dan urutan. 

Dengan mengurut kulit kepala akan membantu menghilangkan rasa tegang dan menyebabkan pelepasan hormon dopamin dan serotonin yang mempunyai  efek membuat seseorang menjadi relax dan merasa enak dan tenang.

Efek Keramas dan Mengurut Kulit Kepala -  © 2014 WebMD, LLC.



16.  Analisa Rambut Tidak Bisa Diadalkan

Saat ini telah banyak perusahaan kosmetik yang mengklaim bahwa mereka bisa menganalisa rambut manusia untuk mengetahui apakah seseorang kekurangan vitamin tertentu atau mempunyai masalah kesehatan. 
Meskipun analisa rambut bisa mendeteksi beberapa jenis racun seperti timah hitam juga arsenikum, namun hasil analisa rambut ini biasanya tidak selamanya konsisten dan bervarisi. Semua hal dari pencemaran udara hingga pemakaian shampoo rambut yang tidak cocok akan mempengaruhi hasil analisa rambut ini. 

Salah satu badan kesehatan negara yang menentang upaya analia rambut ini adalah American Medical Association, semacam IDI (Ikatan Dokter Indonesia) kita. 

Rambut Manusia - © 2014 WebMD, LLC.


Demikian sekilas cerita tentang keadaan kesehatan rambut yang juga akan memberikan gambaran tentang kesehatan secara umum kepada kita. 
Rambut yang sehat adalah mahkota yang indah bagi pemiliknya, jadi sudah lumrah dan seharusnya bila kita menaruh perhatian besar untuk merawat dan mengatur rambut kita sedemikian rupa, sehingga rambut menjadi sehat, tumbuh subur dan terhindari dari penyakit dan gangguan kutu, ketombe dan kotoran yang dapat merusak kesehatan rambut kita....   


Selesai

 

 

  Happy Healthy Living !


18 komentar:

  1. artikel kesehtan ini bisa jadi referensi bagi pemerhati masalah kesehatan, terima kasih ... ditunggu updatenya.

    BalasHapus
  2. terimakasih informasinya sangat bagus dan bermanfaat



    Obat Herbal Asma

    BalasHapus
  3. Informasinya sangat menarik dan bermanfaat. Terimakasih.


    Obat Tradisional Tipes

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasinya , bermanfaat dan sangat menarik :)


    Obat Alami Maag

    BalasHapus
  5. Thanks for the very interesting and useful information ^_^



    Obat Tradisional Sarkoidosis

    BalasHapus
  6. Thanks for the very interesting and useful information ^_^



    Obat Tradisional Stroke Iskemik

    BalasHapus