Kamis, 21 Januari 2016

Sehat Cara Alamiah - Persiapan Sebelum Hamil

Sehat Cara Alamiah - Persiapan Sebelum Hamil 

Kalau bercerita tentang kehamilan, lalu segala kesibukan yang berkaitan dengan persiapan menyambut kedatangan buah hati, buah hasil cinta kasih sepasang suami isteri, tentu banyak yang bisa kita ceritakan.

Korelasi Besarnya Perut Dengan Usia Kehamilan (Google Free Image)  




Tetapi ada beberapa hal penting yang tidak boleh kita lupakan, dibawah ini akan kita paparkan satu demi satu, semua tahapan yang kiranya cukup penting sebagai persiapan, antara lain :

1. Tetap Aktif Berolahraga Seperti Sebelum Menjadi Hamil

Berolah raga teratur menjaga kondisi tubuh (Google Free Image)    

Sebelum kita mulai memilih nama untuk calon bayi dan kita mulai sibuk menghias kamarnya, ada hal yang lebih penting, yaitu pikirkan bagaimana mempersiapkan kondisi tubuh anda dan kehidupan anda untuk masa beberapa bulan yang akan datang, untuk menyambut kebahagiaan yang akan segera tiba 

Persiapkan kondisi dan bentuk tubuh ideal anda sebelum menjadi hamil (meskipun garis pinggang anda akan lenyap untuk sementara waktu saat anda benar menjadi hamil), semua ini untuk memudahkan terjadinya kehamilan dan saat tibanya waktu persalinan kelak.

Dengan teratur berolah raga sekitar 30 menit, dengan tujuan untuk memacu detak jantung anda setiap hari. Berjalan, bersepeda dan berenang adalah olahraga yang ideal. Atau anda bisa bergabung dengan kelas olahraga untuk ibu ibu sebelum hamil.

Pada saat hamil, tentu anda harus perhitungkan jenis olah raga yang tepat untuk keamanan calon janin anda. Jangan berolah raga bela diri atau lari jarak jauh. Berjalan kaki dan berenang, adalah olah raga yang sangat berguna untuk kekuatan otot2 panggul anda, berguna untuk menopang dan menunjang selama proses kehamilan dan sewaktu melahirkan bayi. 

Bisa baca diartikel lain tentang olah raga dan efek positif bagi ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya http://sehatcaraalamiah.blogspot.co.id/2014/01/sehat-cara-alamiah-pentingnya-olahraga.html


2.   Pola Makan Sehat

Makanan Sehat
Google Free Image 
 
 Mungkin anda akan mengidam makanan seperti es krim dan berbagai macam jenis camilan yang selama ini sudah biasa anda konsumsi

Tetapi ingat anda memerlukan jumlah yang memadai zat protein, zat besi, kalsium dan juga asam folat, semua ini diperlukan agar supaya anda tidak kekurangan zat2 penting ini demi kelancaran kehamilan anda, hingga tiba saatnya anda akan melahirkan bayi anda 

Zat protein diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel dan jaringan tubuh yang baru, juga untuk membuat hormon tubuh.

Zat besi untuk pembentukna sel darah merah, sehingga mencegah terjadinya gangguan anemia saat anda hamil nanti. Anemia bisa menyebabkan perdarahan hebat saat setelah melahirkan bayi.  

Kalsium untuk kesehatan tulang anda dan pembentukan tulang belulang dan gigi geligi bayi anda. 

Konsumsi lebih banyak buah2an, kacang2an, sayur mayur berdaun warna hijau, jenis biji2an gandum utuh dan produk susu yang rendah kadar lemaknya.  

Kurangi konsumsi semua jenis keripik, jenis makanan yang dibakar, hindari minuman bersoda dan semua jenis makanan sampah "junk food" yang tidak mengandung kalori.  

Agar supaya pola makan sehat ini berhasil, ajaklah pasangan anda ikut serta dalam pola makanan sehat anda ini. 




 3. Input Asam Folat Dalam Jumlah Memadai

Image http://www.webmd.com/default.htm
Asam folat atau Vitamin B12 yang merupakan komponen vitamin B komplex, sangat penting dan berfungsi vital bagi kesehatan tubuh, terutama bagi wanita yang hamil dan kesehatan calon janin, serta perkembangan normal janin dalam kandungan. 
Asam folat ini mencegah terjadinya cacat lahir yang parah; bahkan sebelum anda tahu bahwa anda telah hamil. 

Asam folat dapat berguna mencegah terjadinya penyakit anemia pada ibu hamil, menjamin perkembangan normal calon janin dalam kandungan ibu, mencegah penyakit jantung koroner dan mencegah terjadinya stroke dan mencegah terjadinya depresi. 

Asam folat ini dapat anda temukan didalam banyak makanan, termasuk sayur2an hijau seperti bayam, brokoli, pisang, daging, ikan dan telor, juga sitrus, strawberi dan kacang2an. Tapi  sering2  kita perlu membantu kecukupan gizi ini dengan memberi tambahan zat asam folat dari luar seperti tablet vitamin B  



4. Perhatikan Berat Badan Anda 


Perhatikan Berat Badan Anda
Google free image 
Terlalu kurus akan membuat anda sulit menjadi hamil 

Terlalu gemuk juga akan menyebabkan masalah, karena akan menjerumuskan anda menderita penyakit diabetes dan penyakit tekanan darah tinggi. 

Berat badan yang berlebihan juga akan membuat proses persalinan bayi menjadi lebih lama dari yang semestinya, yang tentu hal hal ini sangat tidak anda inginkan 

Berkonsultasilah dengan dokter yang merawat anda, seberapa berat yang menjadi berat ideal tubuh anda 




5. Lakukanlah Pemeriksaan Medis Lengkap 
Medical Check up
Google free image 
Adalah penting menemui dokter anda terlebih dahulu untuk  membicarakan rencana anda untuk hamil, tanyakan beberapa hal penting ini kepadanya, seperti : 

  1. Pemeriksaan laboratorium yang anda perlukan untuk mengesampingkan kemungkinan anda terinfeksi jenis2 penyakit yang berakibat cacat bawaan bagi calon janin anda, juga vaksinasi yang anda perlukan sebelum hamil  dan melahirkan, seperti misalnya pemeriksaan toksoplasmosis, infeksi virus rubella, vaksin untuk penyakit tetanus, infeksi hepatitis B, batuk rejan dan lain2 nya detail lihat di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-untuk-wanita-hamil-vaccines-for-pregnant-woman/  
  2. Vitamin yang mungkin anda perlukan sebelum dan selama kehamilan berlangsung 
  3. Apa yang harus dilakukan untuk penyakit yang mungkin saat ini sedang anda alami, seperti tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, dan lain2 penyakit khronis, maka mungkin jenis obat dan dosis obatnya harus diganti atau disesuaikan lebih dahulu dengan keadaan kehamilan anda, dsbnya 
  4. Obat2 yang boleh atau tidak boleh anda konsumsi selama kehamilan   



6. Pemeriksaan Faktor Genetik Sebelum Hamil  



Image http://www.webmd.com/default.htm


Ini terdengarnya sedikit berlebihan barangkali, tetapi hal ini, yaitu pemeriksaan awal faktor genetik ibu, kita dapat menyingkirkan beberapa jenis penyakit yang mungkin terdapat dalam unsur genetik ibu, sehingga janin yang dikandung dan akan lahir nanti adalah bayi yang sehat.  

Hal ini dapat kita lakukan untuk beberapa  penyakit bawaan seperti Fragile X Syndrome, Penakit Tay Sachs atau penyakit Sickle Cell. 

Tanyakan hal ini kepada dokter yang merawat anda 

 

7. Periksakan Gigi Geligi Anda Secara Teratur 

Image http://www.webmd.com/default.htm
 Jika anda tidak mempunyai kebiasaan membersihkan gigi geligi secara teratur dengan benang floss, maka kini adalah waktunya anda melakukannya secara rutin. Ini bagus untuk bayi anda juga bagi anda sendiri 

Kehamilan akan meningkatkan resiko anda menderita penyakit gusi, suatu penyakit yang mungkin akan menyebabkan terjadi bayi lahir sebelum tiba waktunya (kelahiran prematur). 
Untuk menghindari ini, sebaiknya periksa dan bersihkan gigi geligi anda secara teratur dengan menyikatnya atau dengan benang floss setiap kali sehabis makan 
  

 

8. Menghindari Minuman Berkafein


Google Free Image 
Beberapa orang ahli menganjurkan bahwa anda seharusnya tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein perhari, pada saat anda sedang berusaha untuk menjadi hamil dan selama kehamilan anda sedang berlangsung.

Jumlah itu adalah sekitar satu cangkir ukuran 12 once atau empat cangkir teh ukuran 8 once percangkirnya.
Jadi kalau mau anda bisa menukar kopi anda dengan yang dekafein atau ganti saja dengan segelas susu hangat akan lebih baik.

Jika memang sangat terpaksa karena anda tidak bisa tanpa kopi, maka kurangi saja jumlahnya

 


9. Berhenti Merokok 

Image http://www.webmd.com/default.htm
Diantara sekian banyak efek samping buruk merokok, sudah diketahui dan terbukti, bahwa merokok akan membuat anda sulit menjadi hamil.

Kebiasaan merokok selama kehamilan akan meningkatkan kemungkinan bayi anda lahir premature, atau lahir dengan berat badan lebih rendah dari normal (low birth weight), atau bahkan janin anda akan mengalami keguguran.
Atau menyebabkan bayi anda meninggal mendadak setelah dilahirkan beberapa saat kemudian (sudden infant death syndrome - sids

Jika pasangan anda juga seorang pecandu rokok,  maka minta dia juga berhenti merokok. Karena bahaya rokok juga sangat nyata bagi mereka disekitarnya, yang menjadi perokok pasif.  

Efek rokok bagi pria adalah ia akan menjadi mandul 



10. Berhenti Minum Minuman Beralkohol 

Google Free Image 
Karena  anda tidak akan pernah tahu kapan tepatnya anda akan menjadi hamil, maka tinggalkan kebiasaan anda mengkonsumsi minuman beralkohol. 
Meminuman alkohol selama kehamilan berlangsung akan meningkatkan resiko janin lahir cacat dan masalah sulit belajar bagi bayi anda nanti. 

Buat anda yang ingin hamil, konsumsi alkohol akan membuat anda lebih sulit menjadi hamil.

Hindari minuman alkohol bila anda ingin menjadi hamil, dan menginginkan kehamilan anda berjalan baik dan janin anda sehat dan bertumbuh normal dalam kandungan anda.    


 

11. Perencanaan Keuangan Untuk Menyambut Kehamilan Dan Kelahiran Bayi Anda 

Image http://www.webmd.com/default.htm

Bayi memerlukan banyak barang2 keperluan bayi, misalnya mereka memerlukan sekitar 8,000 buah popok sebelum mereka berhasil dilatih untuk mempergunakan toilet. 

Kita akan memerlukan pakaian bayi, sebuah kursi bayi untuk dipasang di mobil, sebuah kereta bayi, dan mungkin juga susu formula dan botol2 susu dan dot. 

Agar supaya semua ini direncanakan dengan baik, buatlah sebuah daftar keperluan bayi anda sejak dilahirkan, dan mulai kumpulkan barang2 keperluan sedikit demi sedikit, sehingga hal ini tidak membuat beban berat bagi keuangan keluarga.

Jadi buatlah semacam rencana investasi keuangan untuk bayi anda tersayang jauh sebelum kelahirannya.  

Ingat biaya pengeluaran ini juga harus mencakup biaya kunjungan ke dokter anak dan semua vaksin dan imunisasi yang diperlukan oleh bayi anda. 
     

 



12. Perencanaan Cuti Hamil Melahirkan Dan Pembiayaan Asuransi Kehamilan Dan Persalinan 

Perencanaan Cuti Dan Budget Hamil Dan Persalinan
 Image http://www.webmd.com/default.htm
Jika anda adalah seorang karyawati, rencakan baik2 apa yang ingin anda lakukan bila nanti anda telah melahirkan. 

Ada perusahaan yang tetap akan membayar gajih anda selama anda cuti hamil dan melahirkan, Ada juga yang tidak membayar selama anda cuti hamil dan melahirkan. 
Atau anda bisa memanfaatkan cuti sakit atau cuti tahunan, yang ada dalam sistim penggajian diperusahaan anda. 

Jika anda mempunyai asuransi kesehatan, maka periksalah dokter dan rumah sakit yang mana yang tercakup dalam asuransi kesehatan anda ini, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membayar semua biaya kehamilan dan persalinan anda. 
  



13.  Rencanakan Liburan "Babymoon" Anda Bersama Pasangan Anda 

Liburan "Babymoon"  Sebelum Kehamilan
 Image http://www.webmd.com/default.htm
Setelah semua yang perlu anda lakukan telah dipenuhi, maka kini saatnya bagi anda dan pasangan merencanakan dan menikmati liburan yang disebut"Babymoon", yang sepenuhnya tanpa diganggu oleh bayi anda. 

Saat yang indah untuk anda dan pasangan menikmati masa berduan saja adalah sebelum anda menjadi hamil, bila tidak, maka kehamilan tentu akan menjadi beban dan mengganggu bila bepergian berlibur pada saat itu.  

 



14. Mengkondisikan Hewan Peliharaan Anda Yand Ada Dalam Rumah 

Kondisikan Hewan Peliharaan
 Image http://www.webmd.com/default.htm
Jika selama ini anda adalah pemilik dan memelihara hewan rumah seperti anjing atau kucing, maka jika secara tiba2 ada suara bayi yang menangis dalam rumah, mungkin akan membuat hewan kesayangan anda menjadi gelisah atau uring2an, karena "cemburu" andda berbagi kasih pada bayi anda.

Maka mulai saat sebelum anda melahirkan, anda sudah harus melatih mereka terbiasa dengan suara2 menangis dan kehadiran seorang bayi. 
Mulailah dengan membiasakan hewan2 peliharaan anda dengan bau2an lotion atau popok bayi, dan mulai membiasakan hewan2 piaraan ini tidak memasuki ruang atau kamar tidur bayi anda 



Kesimpulan: 

Terakhir, jika anda telah melakukan semua ini, maka anda sudah cukup siap untuk menjadi hamil dan menjadi seorang ibu bagi bayi anda. 

Mungkin saja masih ada hal hal kecil yang belum disebutkan dan akan anda temukan nanti selama masa kehamilan dan sewaktu anda mengasuh bayi anda. 

Jika anda menemukan hal hal yang tidak memberi jawaban memuaskan, tanyakan kepada orang tua anda, atau tante anda yang telah pernah mengasuh bayi dan anak, karena pengalaman adalah guru yang baik. 

Jika ini menyangkut masalah kesehatan atau masalah tumbuh kembang bayi, maka anda bisa tanyakan kepada ahlinya,  yaitu seorang dokter anak yang merawat bayi anda. 

Jangan memperhatikan dan mempercayai hal2 yang anda dengar atau baca, dimana hal tersebut tidak ada dasar ilmiah dan juga tidak jelas asal sumber hal tersebut.    



Sumber: 
Terjemahan bebas dari Your Pregnancy Check List (http://www.webmd.com/)


.

 Happy Healthy Living !



4 komentar:

  1. dengan menjaga kesehatan itu sama artinya menjaga kesehatan janin juga.
    tips memutihkan wajah

    BalasHapus
  2. Thx ya info nya bermanfaat banget.. kunjungi ini juga ya
    http://elementmtb.com/ini-dia-jumlah-kalori-yang-terbakar-kalau-bersepeda/

    BalasHapus
  3. Thx ya info nya bermanfaat banget.. kunjungi ini juga ya
    http://elementmtb.com/ini-dia-jumlah-kalori-yang-terbakar-kalau-bersepeda/

    BalasHapus