Minggu, 13 Oktober 2013

Sehat Cara Alamiah - Yoga dan Kesehatan

Sehat Cara Alamiah - Yoga dan Kesehatan 

Salah satu rahasia dari orang yang berbahagia dan berhasil adalah bangun pagi setiap hari, suatu kebiasaan baik yang memberikan kepada kita sedikit waktu tambahan, sebelum kita memulai kegiatan rutin kita setiap harinya. 
Persis prepatah orang tua kita, bahwa bangun siang siang, maka rezeki sudah dipatok (dimakan) oleh ayam! 

Nah apa yang akan kita perbuat dengan sedikit kelebihan waktu ini adalah tergantung sepenuhnya kepada kita, biasanya kita berusaha bergerak sedikit kesana kemari, bernafas dalam untuk menghirup segarnya udara pagi hari, atau duduk bermeditasi untuk menjernihkan pikiran kita sebelum kita mulai kegiatan rutin pekerjaan kita, tetapi salah satu usaha untuk membugarkan tubuh dan jiwa kita adalah dengan ber- yoga. Hanya dalam waktu beberapa menit saja, maka kita bisa menyelesaikan satu sesi gerakan yoga yang akan membuat kita terbangun segar sepenuhnya, dan memungkinkan kita memulai hari baru kita dengan penuh energi yang positif.    

Ada 5 posisi gerakan Yoga yang bisa membantu menyegarkan fisik dan mental kita, mempersiapkan kita untuk menjalankan kehidupan rutin dan tugas sehari hari :

Gerakan 1 : Standing Backbend and Side Stretches

Gerakan 1 : Standing Backbend and Side StretchesSource : Dr. Mercola  
 

Standing Backbend and Side Stretches
"Sambil menarik nafas angkat kedua lengan keatas dan membengkokkan tubuh kearah belakang secara perlahan-lahan. Hembuskan nafas dan turunkan salah satu lengan ke samping tubuh kita sambil tetap mengangkat lengan yang lainnya. 
Lemaskan otot lehar dan biarkan kepala tergantung, rasakan tarikan pada daerah dada dan otot samping tubuh kita. 
Angkat lengan yang lain sambil menurunkan lengan yang tadi. 
Sementara lengan tetap diangkat tinggi, tarik nafas dan hembuskan nafas perlahan lahan, ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali. 

Ulangi gerakan ini sabanyak 5 kali posisi lengan yang lain diangkat tinggi keatas, dan lengan yang sebelumnya diturunkan disamping tubuh kita. 


Gerakan 2 : Forward Fold atau Melipat Tubuh ke Depan

Gerakan 2 : Forward Fold / Lipat Tubuh Ke Depan. Source : Dr. Mercola
  

Forward Fold atau Melipat Tubuh Ke Depan 

"Sambil menghembuskan nafas membongkokkan tubuh kedepan. Biarkan lutut membengkok dan usahakan melipat tubuh kita hingga dada menyentuh paha. Lemaskan otot leher dan biarkan kepala tergantung bebas. Kita akan merasakan tarikan dibagian bawah tulang belakang dan paha kita."

Posisi ini  menyebabkan darah akan mengalir dengan lancar ke otak kita, membersihkan dan menyegarkan otak, berguna membantu sisitim sirkulasi darah tubuh dan otak.
Tetap pertahankan posisi demikian selama 10 kali tarikan nafas dalam dalam..... 


Gerakan 3 :  Tree Pose atau Posisi Seperti Pohon 

Gerakan 3 : Posisi Pohon. Source : Dr. Mercola 





Tree Pose atau Posisi Pohon 

"Berdiri dengan membuka paha lebar kekiri dan kanan, berdiri stabil diatas kedua kaki dan jari jari jari kaki. Temmpatkan kedua tangan dipinggul atau menariknya kedepan dada : Menarik nafas sambil mengangkat sebelah kaki ke atas. Tempatkan telapak kaki tersebut dipaha (jangan tumpukan kaki di lutut).
Hembuskan nafas. Pertahankan posisi berdiri dengan hanya sebuah kaki. Bila posisi berdiri dengan sebelah kaki ini sudah seimbang, maka angkat kedua lengan kita keatas. Pertahankan posisi demikian selama 5 kali tarikan nafas dalam.
Lalu hembuskan nafas dan perlahan letakkan kaki kembali ke tanah, ganti kaki yang sebelah dan berdiri dengan posisi sebelah kaki, dan ulangi gerakan nafas seperti tadi.
 Gerakan keseimbangan ini berpengaruh positif untuk kegiatan kita sepanjang hari, barangkali untuk mendapatkan keseimbangan, dan maksud tujuan lain yang kita inginkan"


Gerakan 4 : Cat-Cow atau Gerakan Kucing dan Kerbau

Gerakan 4 : Cat-Cow . Source : Dr. Mercola       


 
Gerakan Cat-Cow atau gerakan kucing dan kerbau

" Posisi tubuh dengan kedua tangan dan kedua lutut dilantai. Pinggul lebih rendah daripada bahu dan semua jari tangan terbuka lebar untuk menyanggah berat badan. Kedua paha terbuka dan kaki dilantai dengan kedua ibu jari kaki saling menyentuh.
Menarik nafas dalam posisi kerbau (mengangkat kepala dan tulang ekor ke atas, turunkan perut kearah lantai, dan dada terbuka kearah depan).
Hembuskan nafas dalam posisi kucing (lengkungkan tulang belakang ke atas, tarik pipi ke arah dada, dan menarik perut ke arah tulang belakang). Lakukan ini terus menerus selama 2 - 3 menit.
Pada awal gerakan perlahan semakin lama semakin dicepatkan gerakan ini."  


Gerakan 5 : Down Dog atau Menungging

Gerakan 5 : Down Dog. Source : Dr. Mercola   


Gerakan Down Dog atau Menungging

"Dalam posisi menungging dan kedua lengan diletakkan sejauh mungkin dari badan kita. Letakkan kepala di antara kedua lengan yang diletakan sejauh mungkin dari tubuh. Tarik perut ke arah dalam dan menekan kedua tumit kuat kuat ke tanah. Bernafas dalam sebanyak 5 kali dalam posisi demikian, sambil menutup kedua mata bila kita telah mencapai keseimbangan tubuh dalam posisi ini."


Akhir Kata    

Kelima gerakan yoga yang kita gambarakan diatas dapat kita lakukan semuanya hanya dalam waktu yang kurang dari 30 menit, tetapi memberikan manfaat yang sangat nyata dan jelas untuk kesehatan tubuh dan mental kita.

Mungkin manfaat yoga bisa kita simpulkan dalam kalimat yang sederhana ini, yaitu :

Gerakan Yoga memberikan manfaat yang sangat unik untuk kesehatan jasmaniah dan rohaniah kita 

Yoga berasal dari filosofi hidup India yang telah lama, yoga juga sering dikaitkan dengan bentuk meditasi karena selain memberikan manfaat jasmaniah seperti meningkatkan kelenturan tubuh, kekuatan tubuh dan keseimbangan tubuh, yoga juga memberikan manfaat untuk relaksasi, untuk kesehatan pernafasan dan kejiwaan.

Sebagai contoh, dalam penelitian lebih dari 100 literature penelitian tentang efek yoga terhadap kesehatan mental, telah ditemukan bukti nyata bahwa yoga mempunyai efek positif terhadap depresi sedang, masalah gangguan pola tidur, schizophrenia (penyakit jiwa) dan anak penderita ADHD.  

Sementara itu, yoga juga memperlihatkan efek terhadap leptin, yaitu sebuah hormon yang berperan penting dalam mengatur metabolisme energi tubuh (intake gula dan out put energi tubuh), juga terhadap fibrilasi serambi otot jantung (gangguan irama detak jantung yang tak teratur).

Sedangkan penelitian yang lain membuktikan bahwa yoga bermanfaat juga untuk nyeri pinggang yang khronik (chronic low back pain), rasa cemas berlebihan (anxietas), tekanan darah tinggi, dan kemampuan seseorang untuk berjalan dan bergerak, juga dapat meningkatkan fungsi organ organ tubuh lainnya. 


Happy Healthy Living !

 

 


11 komentar:

  1. selamat siang . . .senang bisa berkunjung dihalaman yang banyak memberiakn informasi serta luar biasa ini sukses selalu dan salam sejahtera.
    visit : my site

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungan dan komentar positif Anda. Semoga apa yang tertulis dalam blog http://sehatcaraalamiah.blogspot.com ini bermanfaat bagi semua orang. Salam

    BalasHapus
  3. good job well done

    https://goo.gl/gDJfi1 || https://goo.gl/hdhGyq

    BalasHapus
  4. terimakasih informasinya sangat bagus dan bermanfaat



    Obat Herbal Asma

    BalasHapus