Jumat, 02 Agustus 2013

Sehat Cara Alamiah - Hubungan Diabetes Dengan Cacat Phisik

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak jenis olahraga yang dikembangkan dari olahraga atletik, sehingga olahraga ateletik ini dianggap sebagai induk dari jenis olehraga yang lain. 

Nah untuk dunia kedokteran, dikatakan bahwa semua jenis penyakit degeneratif yang terjadi sebelum waktunya, adalah akibat komplikasi dari penyakit diabetes, sehingga penyakit diabetes yang dianggap sebagai induk dari semua penyakit degeneratif lain, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit hipertensi, penyakit saraf sampai kepada penyakit mata, seperti katarak, kebutaan dan lain lain, semua ini bisa  disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi setiap saat atau penyakit diabetes ini. 
Source Google Free Image

Berita terkini dari Radio BBC di kolom kesehatannya, juga membahas bahaya atau resiko yang terjadi antara hubungan penyakit diabetes dengan resiko terjadinya kecacatan phisik. 

Orang Dewasa Penderita Diabetes Mempunai Resiko Lebih Besar Terjadinya Kecacatan Phisik. 
Demikian hasil dari penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap
Orang tua dengan penyakit diabetes adalah 50% hingga 80% lebih besar kemungkinannya mengalami gangguan kemampuan phisik dibandingkan dengan mereka yang sehat, demikian hasil dari 26 buah penelitian ilmiah yang dilakukan selama ini.   

Dalam semua penlitian diatas, memang tidak dibedakan resiko yang terjadi antara penderita diabetes tipe 1 dengan penderita diabetes tipe 2. Tetapi diambil dari data dari mereka yang berusia > 65 tahun, yang umumnya adalah penderita diabetes tipe 2.  

Sehingga usaha agar semua penderita diabetes mempunyai akses untuk pengobatan dan perawatan adalah sangat penting. Demikian ditekankan oleh Yayasan Sosial untuk Penderita Diabetes. 

Penelitain diatas, yang dipublikasikan dalam jurnal the Lancet Diabetes & Endocrinology , telah mengevaluasi dan merangkum ribuan data penderita diabetes dari seluruh dunia. 

Kecacatan phisik didalam penelitian ini adalah ketidak mampuan penderita diabetes tersebut untuk melakukan aktifitas harian secara baik seperti membasuh diri sendiri atau mandi, makan, berbelanja keperluan harian atau mempergunakan transportasi umum.    

Para peneliti ilmiah dari Australia mengatakan tidak ditemukan hubungan jelas sebab akibatnya, tetapi kadar gula darah yang tetap tinggi sepanjang waktu, yang mungkin akan menyebabkan kerusakan sistim ototnya.   

"Komplikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes, seperti misalnya penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal, juga bisa menyebabkan kerusakan sistim otot dan menimbulkan kecacatan phisik" kata penlitian ahli Dr Anna Peeters dan Dr Evelyn Wong, dari the Baker IDI Heart and Diabetes Institute in Melbourne.

"Karena semakin meningkatnya usia harapan hidup penduduk dunia, maka semakin banyak penyakit diabetes yang terjadi, dan akan terjadi peningkatan keperluan perawatan kecacatan phisik, yang akan dihadapi dan harus dipersiapkan oleh sistim kesehatan seluruh dunia"   


Penderita Diabetes Perlu Perawatan Yang Tepat 

Banyak penelitian sebelumnya memberikan gambaran yang membingungkan antara hubungan penyakit diabetes dengan kecacatan phisik,  yang mempunyai rentang kejadian antara resiko nol hingga berlipat ganda 

Dr. Edward Gregg, dari the Centers for Disease Control and Prevention, in Atlanta, US (US CDC), mengatakan bahwa analisa baru ini adalah yang pertama untuk mengukur jumlah kacacatan phisik akibat penyakit diabetes. 

"Salah satu prioritas utama yang harus kita pikirkan adalah mencegah kecacatan phisik sewaktu melakukan perawatan dan pengobatan penyakit diabetes" katanya. 

Yayasan Sosial untuk Penderita Diabetes Inggris mengatakan bahwa hasil penlitian tadi telah memperlihatkan komplikasi diabetes bisa menyebabkan kecacatan phisik yang berat bagi penderita diabetes ini.    

Pimpinan penelitian ilmiah Dr Matthew Hobbs, mengatakan"Ini menekankan mengapa begitu penting untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan keharusan bagi penderita diabetes mempunyai akses yang tepat untuk pengobatan dan perawatan penyakit diabetesnya"   

Hubungannya mungkin bisa diterangkan dengan fakta bahwa banyak komplikasi seperti amputasi, kebutaan, penyakit jantung dan stroke adalah kejadian yang disebabkan oleh kadar glukosa dalam darah yang tinggi terus menerus, lanjut Dr Matthew Hobbs.  

Keterangan lain adalah bahwa faktor resiko terjadinya tipe 2 diabetes seperti kelebihan berat badan atau over weight, juga menyebabkan terjadinya kecacatan phisik penderita diabetes.  

Mempunyai pola makan yang sehat dan berimbang dan mempunyai aktifitas phisik rutin dan teratuur pada kehidupan harian kita, akan sangat membantu kita untuk mengurangi resiko dan kemungkinan terjadinya penyait diabetes tipe 2" kata Dr. Hobbs


Source Google Free Image


source :
- Diabetes 'linked to disability risk'


 

 
 



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar