Senin, 11 Maret 2013

Sehat Cara Alamiah - Insomnia, Apa Penyebabnya ?


Sehat Cara Alamiah - Insomnia, Apa Penyebabnya ?

Insomnia. Source: Google free image
Insomnia. Source Google free image
Kesalahan Umum tentang Tidur yang bisa menyebabkan bencana bagi kesehatan Anda, dan meningkatkan resiko terjadiinya migrain dan gangguan daya ingat atau dementia !

Apa yang disebutkan kalimat diatas memang benar adanya....dibawah ini, kita akan membahas kesalahan umum apa saja yang sering kita lakukan,  sehingga menyebabkan kita menjadi tidak bisa atau sulit tidur atau istilah kedokterannya INSOMNIA

TIDUR adalah bagian sangat penting dari seluruh program kesehatan Anda, yang efek buruknya bila Anda mengalami insomnia, yang tak tergantikan dengan berapa banyakpun makanan bergizi ataupun berolahraga.
Para peneliti telah berhasil menghubungkan antara gangguan tidur atau insomnia dengan gangguan kesehatan yang terjadi, seperti misalnya dari gangguan daya ingat jangka pendek dan masalah kebiasaan buruk, hingga terjadinya peningkatan berat badan dan diabetes.

Sebenarnya banyak penyebab terjadinya gangguan tidur.
Sayangnya begitu banyak orang dengan gampang mengambil obat tidur saja untuk menyelesaikan masalah tidur ini, daripada mencoba mencari akar masalah gangguan tidur ini yang membuat mereka setiap malam bergulingan tak bisa pejamkan mataya .  

Dibawah ini akan kita bahas 10 kesalahan yang sering kita lakukan sehingga berakibat terjadinya gangguan tidur pada waktu malam hari ...

1. Tombol Snooze (penyelah) dari Jam Weker.
Seringkali kita mematikan bunyi weker yang membangunkan kita dari tidur lelap, hanya dengan tujuan  untuk  menunda bangun pada waktu yang telah kita tentukan sebelum tidur. Tahukan Anda apa efeknya yang terjadi? Tambahan waktu sekian menit untuk kita bermalas- malasan akan memberikan akibat buruk untuk kesegaran fisik kita sepanjang hari bersangkutan.Jadi jangan sekali-kali menekan tombol jam weker ini hanya untuk menunda waktu kita bangun dari tidur. Adalah lebih baik langsung bangun pada saat jam weker berbunyi daripada kita mematikan nya sementara saja, yang akan berbunyi lagi setelah kira-kira 5 atau 10 menit kemudian.Karena waktu tidur tambahan 10 menit tidur ini tidak akan menambah energi bagi kegiatan anda hari itu, sebaliknya karena tidur 10 menit yang terputus ini, akan membuat kita menjadi lebih lelah daripada bertenaga!     
              
2. Kebiasaan Tidur Yang Tidak Teratur 

Adalah lebih mudah bila jatuh tidur setiap malam dan bangun keesokan harinya dengan segar jika kita mempunyai kebiasaan waktu tidur yang rutin dan teratur.Ini berarti Anda tidur setiap malam pada waktu yang kurang lebih sama dan bangun pagi esok hari pada waktu yang kurang lebih sama juga setiap harinya.
Jika pola tidur Anda kacau balau, maka akan terjadi gangguan ritme tidur alamiah Anda dan berakhir dengan terjadinya Insomnia dan kelelahan fisik.  


3.  Kebiasaan Tidur Siang Yang Terlalu Lama  

Untuk mereka yang mempunyai kebiasaan tidur siang yang lama, kebiasaan buruk ini akan mengganggu pola ritme tidur Anda. Jika memang Anda sangat memerlukan tidur siang setelah makan siang, maka usahakan tidur siang Anda tidak akan melebihi 30 menit lamanya, dan sudah bangun sebelum jam 4 sore.  

Tidur siang yang singkat setelah makan siang memang bisa membantu mengembalikan energi dan stamina fisik dan mental kita, tapi jangan sampai berlebihan, karena akan berakibat buruk pada irama atau ritme tidur kita diwaktu malam hari. 


4. Kafein atau Jenis Minuman Perangsang 

Janganlah minum minuman yang mengandung zat kafein setelah siang hari. 
Setelah kita minum minuman berzat kafien, maka kafein ini akan merangsang sistim saraf tubuh kita hingga 12 jam lamanya, jadi hindarilah minuman demikian setelah tengah hari. 
Buat Anda yang sensitif dengan kafein dan teh, hindari minuman jenis ini setelah makan malam. 
Juga wapada dengan jenis minuman herbal tertentu sepertti teh hijau, yang mungkin juga mengandung zat kafein dalam jumlah tertentu yang cukup tinggi. 
Selalu perhatikan label kandungan zat yang ada dalam minuman yang akan Anda konsumsi setelah melewati tengah hari. 


5.  Stress & Pikiran Negatif 
    
Stress adalah alasan utama yang menyebabkan sebagian besar orang tidak bisa tidur.  
Hal buruk yang sering kita lakukan adalah membiarkan perasaan stress terjadi justru disaat sebelum kita tidur. Stress akan menghasilkan zat kimiawi seperti zat adrenalin dalam tubuh yang akan menghambat kita jatuh tertidur. 
Cobalah menjernihkan pikiran sebelum waktu tidur, dan berusaha berpikiran positif yang akan membantu kita lebih mudah tertidur.
Mungkin berdoa sebelum tidur, atau bermeditasi sebelum tidur, juga akan membuat pikiran kita menjadi tenang dan damai, yang akan sangat membantu kita untuk jatuh tertidur dengan nyenyak. 

6. Penerangan Dalam Kamar Tidur 

Tubuh kita tergantunng dari signal tidur untuk mulai jatuh tertidur, dan salah satu signal atau tanda itu adalah kegelapan. 
Maka usahakan bahwa kamar tidur Anda sudah dalam keadaan gelap sebelum mencoba untuk tidur. Meskipun seberkas cahaya yang lemah yang menrobos dari jendela kamar akan bisa menyebabkan gangguan pada kelenjar pituitari diotak Anda untuk memproduksi hormon tidur melatonin dan akibatnya tidur Anda akan terganggu. Oleh karena itu. perhatikan suasana kamar tidur Anda, tutuplah tirai jendela dengan benar untuk mencegah terobosan sinar kedalam kamar tidur.
Lagi pula kamar idur bukan ruang kantor yang memerlukan penerangan kuat, dengan penerangan secukupnya, akan membaut suasana kamar tidur menjadi nyaman dam juga romantis. Perasaan hangat demikian akan memacu orang segera jatuh tertidur pulas hingga esok harinya !  


7.  Makanan Manis Sebelum Tidur 

Camilan kecil mengandung gula sebelum waktu tidur adalah ide yang benar benar buruk dan salah ! 
Gula yang Anda makan sebelum tidur akan menyebabkan gangguan sistim kimiawi tubuh yang akan membuat Anda terbangun terus sepanjang malam ! 
Maka batasi konsumsi camilan manisan setelah malam hari - jika memang Anda merasa lapar, maka pilihlah camilan yang mengandung zat protein daripada camilan yang mengandung gula.  
Makan terlalu kenyang sebelum tidur, atau makan malam yang terlalu berat untuk dicernakan, akan membuat Anda sulit tidur. 


8.  Alcohol Sebelum Tidur 

Kita ketahui bahwa minuman beralkohol bersifat penenang, ini yang membuat orang terperangkap bahwa minuman beralkohol akan membantu mereka tidur nyenyak diwaktu malam tiba. 
Namun kenyataannya adalah bahwa alkohol memang akan menyebakan orang segera tertidur, namun alkohol akan mulai menimbulkan efek dan gangguan pada tidur diwaktu setelah tengah malam, sehingga menimbulkan gangguan pola tidur secara keseluruhan dan menyebabkan rasa lelah pada keesokan harinya, belum lagi efek hangover alkohol yang akan membuat situas menjadi semakin parah.    


9. TV Didalam Kamar Tidur 

Orang mudah jatuh tertidur disofa sewaktu menonton TV. Tapi adalah bijaksana bila kita tidak meletakan TV didalam kamar tidur hanya untuk menimbulkan efek tidur yang sama seperti di sofa. Karena kamar tidur sebaiknya hanya berhubungan dengan tidur (dan seks saja !). 
Karena bila Anda mulai menempatkan barang perangsang mental seperti TV dalam kamar tidur, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan pola tidur Anda yang serius.


10.  Rasa Kuatir Untuk Tidur 

Banyak orang yang karena pengalaman sulit tidur beberapa malam sebelumnya, lalu timbul perasaan waswas sewaktu mendekati malam hari sebelum waktu tidur tiba. 
Pada saat kita terlalu memikirkan masalah tidur ini, akan menyebabkan kecemasan yang hanya akan membuat masalah gangguan tidur ini menjadi lebih buruk. 
Seharusnya bersantai saja mengikuti irama tubuh kita yang akan menuntun kita ke irama pola tidur yang sehat secara alamiah. 



Jika kebetulan Anda sedang mengalami gangguan tidur atau insomnia akhir-akhir ini, maka tidak perlu cemas, coba cari tahu sebabnya, dan coba mengatasinya, atau menghindarinya kalau bisa  .... Semoga Anda tertidur nyenyak dan bangun esok pagi dengan cerah dan bersemangat ! 

Google free image

 



Source: 
http://sehatcaraalamiah.blogspot.com




  •                                                                                                                    

4 komentar:

  1. Artikel yang menarik , cocok dg kondisi saya sekarang ini sdh berhari hari sulit tidur pikiran jd tegang dan cemas, bila malam hari kawatir gak bisa tidur hingga menambah sulit untuk tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu penyebab utama insomnia adalah kecemasan, persis seperti ynag dialami oleh Anda. Sebetulnya kalau kita tidak bisa tidur satu atau beberapa malam itu biasa biasa saja, tidak perlu dikuatirkan. Berusaha relaks dan menghilangkan faktor penyebab insomnia, misalnya segelass kecil susu hangat beberapa saat sebelum tidur, jangan membaca atau sambil nonton TV, usahakan suhu kamar dan cahaya yang nyaman...Selamat mencoba, semoga Anda bisa tidur nyenyak dan lelap kembali...

      Hapus
  2. Pada awalnya saya hanya sering merasakan berdebar2 saya khawatir/cemas itu adalah penyakit jantung hingga saya sulit tidur tp setelah saya cek kedokter ternyata jantung saya gak apa2, tp saya sudah terlanjur sulit untuk tidur tiap kali masuk tidur selalu terbangun dan kalau bisa tidur cuma sebentar saja hingga makin cemas saja rasanya kalau mau tidur
    Baiklah nanti akan saya coba saran2 bapak, terima kasih atas saranya

    BalasHapus