Jumat, 25 Januari 2013

Sehat Cara Alamiah - Pentingnya Usaha Kesehatan Preventif Bagi Wanita

Sehat Cara Alamiah - Pentingnya Usaha Kesehatan Preventif Bagi Wanita

 

Ada kata bijak yang berbunyi sebagai berikut " Dibelakang seorang pria yang sukses berdiri isterinya yang bijak, dibelakang setiap anak yang berhasil, berdiri ibunya yang penuh kasih!".
Dan kata bijak ini tepat karena memang demikian yang kita lihat dilingkungan hidup kita, bahwa keluarga yang berbahagia adalah karena ada seorang isteri yang baik, ada seorang ibu yang penuh tanggung jawab, penuh cinta kasih tanpa pamrih, untuk  berbakti pada keluarganya.
Disadari atau tidak, jam kerja wanita selalu lebih panjang ! Isteri selalu bekerja hampir sepanjang hari, sejak pagi benar sudah bangun untuk mempersiapkan semua keperluan untuk menunjang kegiatan segenap anggota keluarganya, isteri masih juga bekerja ketika anggota keluarganya telah mulai beristirahat !

Tanggung jawab isteri sangat besar. Ia pernah bertanggung jawab sebagai seorang anak perempuan dalam keluarganya, bertanggung jawab menjadi menantu untuk keluarga suaminya, menjadi isteri untuk suaminya dan menjadi ibu untuk anak-anaknya, sehingga dalam perjalanan hidupnya seorang wanita telah menjalankan dan bertanggung jawab penuh untuk berbagai fungsi peranannya sebagai wanita. Sehingga tidak berlebihan bila kita mengakui bahwa Wanita adalah sokoguru keluarga nya

Dan bila kita mulai memikirkan masalah kesehatan anggota keluarga, maka yang pertama harus kita perhatikan adalah kesehatan isteri, dan anak perempuan kita yang ada dalam keluarga kita. 
Maka prioritas pertama untuk mendapatkan perhatian untuk perawatan  kesehatan preventif adalah kaum wanita.

Dikota, jumlah wanita yang bekerja semakin hari semakin meningkat, apakah itu karena terdesak kebutuhan atau karena faktor lain, karena atmosfir kerja yang sangat kompetitif, sehingga kaum wanita yang bekerja juga semakin memperhatikan kelangsungan dan perkembangan karier mereka. Maka wanita ini akan semakin disibukkan selain oleh pekerjaan rumah tangganya, tanggung jawab dalam rumah tangga, juga oleh pekerjaan dan tugas kantornya. 
Semua hiruk pikuk ini akan memberikan efek dan pengaruh buruk terhadap kesehatannya. 
Itulah sebabnya kenapa  seorang wanita memerlukan perawatan kesehatan preventif melebihi kaum pria.

Baru-baru ini dalam rapat di Kementerian Kesehatan negara India tentang kesehatan wanita, maka kejadian penyakit kanker payudara dan kanker rahim mendapat perhatian. Sesuai dengan laporan Penelitian Medis India, maka jumlah wanita yang akan menjadi penderita kanker payudara akan meningkat pesat pada tahun 2020. Juga akan terjadi peningkatan tinggi jumlah wanita yang menjadi penderita penyakit jantung dan diabetes. 
Hal dan fenomena ini tidak jauh melenceng dengan keadaan dan kondisi wanita bekerja yang ada di Indonesia

Tidak semua penyakit khronis dan ganas yang disebutkan tadi itu terjadinya secara mendadak, tetapi adalah melalui proses yang cukup lama, penyakit ini berkembang secara diam-diam dan lambat didalam tubuh kita, Hanya saja kita tidak menyadarinya, dan pada waktu sudah ada tanda dan gejalah penyakit ini, maka biasaanya penyakit ini sudah berkembang sedemikian juahnya, sehingga seringkali kita sudah tidak ada banyak pilihan untuk mengobati dan mendapatkan penyembuhan darinya.

Seperti di banyak negara, di negara seperti Indonesia, sudah bukan hal yang aneh, bahwa seseorang belum akan merasa perlu untuk memeriksa kesehatannya bila ia belum menjadi benar-benar sakit. Juga adalah sifat dasar wanita yang jarang mengeluh bila sakit dan lebih tahan menderita dibandingkan pria. Maka hal-hal demikian ini yang sering menyebabkan terlambatnya pengobatan. 

Seandainya saja pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara teratur, katakanlah semenjak wanita itu mulai menginjak usia 30 tahun, sudah mulai dilakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, yang mencakup seperti mamografi, pap smear, dan lain lain pemeriksaan, maka bila saja ada kelainan yang dicurigai, dengan akurasinya alat pemeriksaan tambahan, maka semua kelainan yang berbahaya bisa dideteksi sejak awal, dan diobati dengan benar, sebelum penyakit ini bertumbuh dan menjadi hebat dan terlambat, maka wanita itu akan terhindari dari penyakit yang mematikan ini. 

Old Healthy Woman, 
                                       
Dengan pemeriksaan kesehatan preventif yang teratur dan baik ini, sejak menginjak usia 30 tahun, maka wanita akan tetap sehat dan hidup lebih lama hinggga usia yang lanjut !   
Ini tentu akan menjadi hal yang sangat berharga bagi bukan hanya untuk keluarganya saja tapi juga untuk masyarakat dan bagi negara.


Source: http://sehatcaraalamiah.blogspot.com 
             www.selukbelukvaksin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar