Rabu, 26 Desember 2012

Sehat Cara Alamiah - Apa Itu Cholesterol ? Apa Yang Menyebabkan High Cholesterol ?

 Apa Itu Cholesterol ? Apa Yang Menyebabkan High Cholesterol ?


Dari pengalaman saya sehari-hari, saya mempunyai kesan bahwa banyak diantara kita yang tidak benar-benar mengerti apa itu Cholesterol ? 
Banyak dari kita yang langsung berpendapat negatif begitu mendengar kata cholesterol, mereka langsung menghubungkan semua penyakit jantung, penyakit pembuuh darah dan penyakit stroke dengan keberadaan cholesterol dalam tubuh manusia, menurut pendapat merreka, bahwa cholesterol itu tidak boleh berada dalam tubuh kalau kita ingin tetap sehat dan terhindar dari sederet penyakit khronis dan serius yang tadi saya sebutkan diatas.
Bahkan lebih lucu lagi, yang pernah saya alami baru-baru ini, yaitu saya pernah mempublikasikan artikel tentang cholesterol, saya mencoba memberikan gambaran yang objektif dan pentingnya zat cholesterol untuk kesehatan tubuh dan menjaga kelangsungan kehidupan dari mahluk hidup, dari menghasilkan keturunan hingga bertumbuh dan hidup yang normal dan sehat.
Langsung ada seorang yang juga katanya banyak menulis tentang cholestrol bertanya kepada saya, kenapa saya berani mempromosikan cholesterol sebagai zat yang berguna, padahal semua pakar kedokteran, termasuk beliau ini yang menentang pendapat cholesterol yang saya kemukakan dalam posting saya. Beliau juga mengutip sejumlah artikel posting yang dipublikasi oleh beliau didalam suatu media.
Saya agak terkejut juga awalnya mendapat umpan balik yang tampaknya ilmiah dan berbobot.ini, karena beliau juga mengutip beberapa publikasi dari kolega dokter dari fakultas kedokteran yang cukup terpandang di Jakarta.
Saya kemudian coba menelusuri posting artikel-artikel beliau tentang cholesterol, juga literature dari kolega yang ditunjukkan oleh beliau, juga literatur tentang lemak tubuh dan cholesterol khususnya, saya benar benar bingung, saya mencoba membaca berulang-ulang, namun kesimpulan saya adalah bahwa : memang semua mahluk hidup perlu cholesterol, karena dari zat satu ini, akan dibentuk dinding sel tubuh kita, juga dari cholesterol ini, tubuh akan membentuk semua jenis hormon penting untuk proses kehidupan, membuat empedu untuk pencernaan makanan, terutama untuk mencernakan lemak yang kita makan, dan masih banyak lagi fungsi penting cholesterol yang tidak bisa digantikan perannya oleh zat apapun.
Akhirnya kesimpulan saya, beliau yang menghubungi saya ini rupanya tidak mengerti betul apa yang telah dia tulis sendiri dan dipostingkan dalam forum terbuka suatu media, dia juga telah salah membaca dan salah meng-interpretasi-kan isi literature kolega dari suatu fakultas kedokteran yang saya sebutkan tadi.
Kasihan memang beliau ini, capek-capek menulis sesuatu yang tidak dimengerti betul.     

Karena merasa ter-panggil untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap, namun sederhana, sehingga mudah dimengerti dan mudah dicernakan bagi semua orang, maka saya ingin membahas tentang cholesterol dari sisi sudut pandang seorang awam, apa sih sebetulnya cholesterol itu ? Apakah kita memerlukan cholesterol ? Berapa banyakk yang kita perlukan untuk dikatakan masih dalam batas sehat dan normal ? Kalau kelebihan cholesterol, apa efeknya terhadap kesehatan kiita ?  Tapi sebaliknya bila kekurangan cholesterol, maka apa yang akan terjadi pada tubuh dan kesehatan kita ?  
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Apa Itu Cholesterol ? Apa Saja Yang Menyebabkan Cholesterol Meningkat ? 

Cholesterol sebenarnya adalah lemak yang diproduksi oleh organ hati. Cholesterol adalah sangat penting untuk fungsi tubuh yang normal. Setiap sel dalam tubuh kita mengandung cholesterol didinding luarnya. 

Cholestrol  berbentuk lemak dengan konsisitensi seperti lilin, yang diangkut didalam plasma darah. Zat ini terdapat didalam darah dari semua makhluk hidup, zat cholesterol ini adalah sterol utama yang disintesis/dibentuk oleh hewan dan semua makhluk hidup, sebagian kecil zat ini juga dibentuk oleh tumbuhan dan jamur. Zat sterol adalah sub grup dari steroid.

Kata "choleserol"berasal dari kata Junani "chole" yang berarti "empedu" dan kata Junani "stereos" yang berarti "padat" atau "kaku"  

 
Apa Fungsi Cholesterol ? 
  • Cholesterol untuk membangun dan merawat dinding sel, untuk menjaga atau mencegah kristalisasi hidrokarbon pada dinding sel  
  • Menjaga kemampuan permeabilitas dinding sel, yang berfungsi mengatur (semacam filter atau penyaring) jenis molokul apa yang bisa atau tidak bisa memasuki kedalam badan sel
  • Mempunyai peranan penting dalam membuat dan membangun hormon-hormon sex (hormon androgen, misalnya hormon testosteron untuk pria dan hormon estrogen dan progesteron untuk kaum wanita) 
  • Mempunyai fungsi esensial untuk membuat hormon-hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal (seperti hormon kortisol, hormon kortikosteron, hormoon aldosteron, dan hormon lainnya)
  • Cholesterol membantu dalam proses pembuatan empedu untuk fungsi pencernaan lemak 
  • Cholesterol membantu meng-konversikan / mengubah sinar matahai menjadi vitamin D untuk tubuh  
  • Cholesterol sangat penting untuk metabolisme vitamin-vitamain yang larut dalam lemak, sepertti vitamin A,D,E dan K 
  • Cholesterol berfungsi sebagai selubung serabut saraf yang berfungsi normal  
Yang dikemukan diatas adalah sederet fungsi dan manfaat penting cholesterol bagi tubuh yang sehat dan normal, sehingga tidak bisa dibayangkan, apa yang akan terjadi, kalau kita tidak mempunyai cholesterol dalam tubuh kita.
Mungkin lebih ekstrim, bisa kita katakan "Tidak ada kehidupan bila tidak cholesterol !"  


Bagaimana Caranya Cholesterol Diangkut Dalam Peredaran Darah ?

Ternyata cholesterol ditransport didalam aliran darah melalui gabungan molekul lemak dan protein, yang disebut kompleks LIPOPROTEIN.  Ada 3 jenis utama lipoprotein, yaitu :
  • LDL (low density lipoprotein) - yaitu jenis lipoprotein yang sering kita sebut cholesterol jahat. LDL ini bertugas untuk mengangkut cholesterol dari hati ke sel tubuh untuk dipergunakan sebagai bahan dasar membangun dan merawat dinding sel. Jika terlalu banyak cholesterol yang diangkut, atau terlalu banyak untuk dipergunakan oleh sel tubuh, maka akan timbul keadaan berbahaya karena jumlah LDL yang berlebihan dalam tubuh. Jenis lipoprotein LDL ini bisa meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah arteri. Umumnya dalam darah manusia terdapat kandungan sekitar 70% LDL. Namun ini bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. 
  • HDL (high density lipoprotein) - sering kita sebut sebagai cholesterol baik. Para ahli mengatakan bahwa HDL ini dapat mencegah penyakit pembuluh darah arteri, jadi HDL ini justru berlawanan dengan LDL. HDL  dapat mengambil cholesterol yang berlebihan dari sel tubuh untuk dikembalikan ke organ hati. Setelah di hati, cholesterol ini bisa dipecah menjadi zat lain, misalnya empedu yang akan dikeluarkan dari tubuh sewaktu berlangsung proses pencernaan lemak dari makanan.
  • Trigliserida - Hampir semua lemak dalam tubuh manusia, juga dalam bahan makanan, disimpan dalam bentuk kimiawi trigliserida ini. Trigliserida ini terdapat dalam plasma darah, dan berhubungan erat dengan cholesterol, membentuk lemak dalam darah. Trigliserida ini bersumber dari lemak yang berasal dari makanan, atau juga bisa dibentuk dari bahan sumber energi lain, seperti karbohidrat.. Makanan yang kita makan, yang tidak segera dipergunakan sebagai sumber energi, akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Pada saat tubuh memerlukan energi dan sedang tidak ada makanan sebagai sumber enrgi yang tersedia saat itu, maka trigliserida yang disimpan dalam sel lemak akan dilepaskan untuk dipakai sebagai energi - ini adalah suatu proses metabolisme yang dikendallikan oleh hormon. Bila kita mengasup kelebihan karbohidrat dari  yang diperlukan, maka kelebihan energi ini akan disimpan menjadi lemak tubuh trigliserida, dan orang ini lama kelamaan akan menjadi over weight atau obesitas    

Berapa Batas Normal Cholesterol ?

Umumnya jumlah cholesterol dalam tubuh manusia berkisar antara 3.6 mmol/liter hingga 7.8 mmol/liter.

Menurut Deartemen Kesehatan di Inggris, jika ditemukan kadar cholesterol diatas 6.0 mmol/liter sudah dianggap tinggi, yang mempunyai efek dan pengaruh yang jelas meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah artei.

Departemen Kesehatan Inggris me-rekomendasikan batas cholesterol yang sehat adalah dibawah 5 mmol/liter.

Hanya sayangnya, kurang lebih dua per-tiga orang dewasa mempunyai total cholesterol rata-rata untuk pria 5.5 dan wanita rata-rata 5.6 mmol/liter   

Dibawah ini adalah daftar kadar cholesterol (menurut mg /desi liter atau menurut milimol/liter) :

  • Ideal - Kurang dari 200 mg/dL
  • Bordeline high - 200 - 239 mg/dL
  • High - 240 mg/dL dan lebih 
  • Optimum level: kurang dari 5mmol/liter
  • Sedikit Tinggi : cholesterol level: antara 5 hingga 6.4mmol/liter
  • Moderat Tinggi  cholesterol level: anatara 6.5 hingga 7.8mmol/liter
  • Sangat Tinggi cholesterol level: > 7.8mmol/liter
Setelah kita ketahui berapa banyak jumlah cholesterol yang ideal bagi kesehatan tubuh, maka aplikasi diet yang ketat yang hampir tidak mengandung lagi lemak ataupun konsumsi obat anti cholesterol harus kita perhatikan benar, hendaknya kita tidak gegabah menjalankan program diet yang low atau diet non fat, juga mengkonsumsi obat-obatan anti cholesterol, karena bagaimanapun juga, tubuh kita sangat memerlukan cholesterol untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal dan sehat. Yang harus diperhatikan adalah JUMLAH cholesterol yang tepat dan tidak berlebihan, sesuai dengan daftar kadar cholesterol diatas.  

Karena cholesterol dibawah batas normal juga akan menyebabkan kita menjadi sakit !



Lalu Apa Akibat Negatif Bagi Kesehatan Bila Kelebihan Cholesterol ?

Kadar Cholesterol Tinggi dapat menyyebabkan :
  • Keadaan athero-sclerosis, yaitu dinding pembuluh darah yang tadinya bersifat elastis menjadi kaku dan terjadi peyempitan saluran pembuluh darah, sehingga aliran darah dan juga transportasi oksigen menjadi tidak lancar untuk organ tubuh yang vital, seperti otak dan jantung 
  • Dan akibatnya akan terjadi Penyakit jantung koroner, bila ganguguan aliran darah ini serius, maka akan terjadi 
  • Serangan Jantung, yang bisa menyebabkaan kematian otot jantung dan juga kematian orang tersebut
  • Angina - yaitu rasa nyeri didada, yang terjadi akibat aliran darah ke otot jantung terganggu 
  • Atau juga bisa terjadi gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan organ paru-paru
  • Serangan stroke atau mini stroke, yang terjadi karena gangguan aliran darah ke bagian otak tertentu. Ini terjadi akibat pecahnya sebuah pembuluh darah, atau tersumbatnya sebuah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke bagian otak  tertentu   
Jika yang meningkat adalah cholesterol dan juga trigliserida, maka resiko terjadinya penyakit jantung koroner dengan segenap komplikasinya akan semakin besar pula. 


Nah sekarang timbul pertanyaan, hal apa yang bisa menyebabkan kadar cholesterol kita menjadi tinggi ?

Gaya Hidup Kita
  • Kebiasaan makan - meskipun ada banyak bahan makanan mengandung cholesterol, seperti telor, beberapa jenis sea food, juga makanan  atau minuman dari bahan susu dan keju, namun cholesterol ini tidak mempunyai pengaruh yang besar terhadap kandungan dan kadar cholesterol dalam tubuh kita. Kecuali lemak jenuh atau makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi seperti daging berwarna merah, sosis, beberapa jenis keju (hard cheese), lemak hewan (lard), pastry dan cake, juga beberapaa jenis biskuit dan kream, akan mempunyai efek terhadap jumlah cholesterol tubuh kita
  • Gaya Hidup Santai - bagi mereka yang mempunyai gaya hidup santai, lebih banyak duduk dan berbaring daripada kegiatan fisik atau berolah raga, akan mempunyai kadar LDL (cholesterol jahat) yang lebih tinggi dan kadar HDL (cholesterol baik) yang lebih rendah, bila dibandingkan dengan mereka yang mempunyai gaya hidup aktif  
  • Berat Badan - orang yang kelebihan berat badan atau over weight atau obesitas, akan mempunyai kadar LDL yang lebih tinggi dan kadar HDL yang rendah, bila dibandingkan dengan mereka dengan berat badan yang normal 
  • Merokok - asap tembakau mempunyai efek yang nyata terhadap meningkatnya kadar LDL
  • Alkohol - mereka yang biasa meminum jumlah besar alkohol, secara umum akan mempunyai kadar LDL yang lebih tinggi dan kadar HDL yang rendah, dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum alkohol
Semua hal yang kita sebutkan diatas, adalah keadaan atau kondisi yang bisa kita obati atau kita mengubahnya, demi untuk memperbaiki ratio perbandingan jumlah kadar LDL dan HDL, sehingga pada gilirannya, akan mengurangi kemungkinan menderita penyakit kardiovaskuler dan serangan stroke otak.   


Tetapi ada faktor resiko yang tidak mungkin kita cegah atau memperbaiki, yaitu
  • Faktor Genetik 1 - orang yang mempunyai anggota keluarga yang menderita penyakit jantung koroner atau menderita stroke otak, akan mempunyai kemungkinan mempunyai kadar cholesterol tinggi
  • Faktor Genetik 2 - jika ia mempunyai saudara lelaki agtaupun wanta, atau orang tua yang mempunyai kadar cholesterol atau lipid yang tinggi dalam darah (hyper-cholesterolemia atau hyper-lipidemia), maka ia akan mempunyai kemungkinan lebih besar lagi untuk memderita cholesterol tinggi juga 
  • Gender - pria mempunyai kemungkian lebih besar daripada wanita untuk mempunyai kadar cholesterol tinggi didalam darahnya 
  • Usia Anda - semakin meningkat usia semakin tinggi kadar cholesterol didalam darah kita   
  • Menopuase Lebih Awal - wanita yang masa menopause lebih awal, akan lebih mudah menderita kadar cholesterol tinggi didalam darahnya, dibandingkan wanita lainnya
  • Kelompok Etnik Tertentu -suku bangsa India, Pakistan, Bangladesh dan Sri Lanka, mempunyai kemungkinan terjadinya kadar cholesterol tinnggi dibandingkan dengan suku bangsa lainnya.   

Bagaimana Mengobati Cholesterol Tinggi ?

Seperti yang telah kita uraikan diatas tentang faktor apa saja yang bisa meningkatkan kadar cholesterol dalam darah, maka cara  pengobatannya juga bisa kita bagi menjadi :
- Gaya Hidup - terutama bagi mereka yang cholesterol nya meningkat karena gaya hidupnya, maka dengan  memperbaiki gaya hidupnya, akan bisa menurunkan menjadi normal kadar cholesterol dan trigliserida, dengan :

  • Berolah raga secara teratur (periksakan diri dan status kesehatan anda sebelum melakukan program olahraga yang agak keras ke dokter) 
  • Meng-konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, gandum dan lemak yang berkualitas baik
  • Hindarkan makanan yang diolah dengan lemak junuh 
  • Istirahat tidur yang cukup (8 jam setiap malam)
  • Mempunyai berat badan yang normal 
  • Hindari minuman alkohol  
  • Berhenti merokok

Banyak ahli yang berpendapat bahwa, bagi orang dengan resiko tinggi untuk menderita penyakit kardiovaskuler dan stroke otak, dengan konsumsi makanan sehat yang dianjurkan pola makan  yang baik, akan sangat mengurangi secara bermakna, kemungkinan bagi kelompok tersebut , untuk menderita penyakit kardiovaskuler dan stroke otak  

Nah, kalau kita sudah dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat, juga telah mengikuti pola makan yang sehat, namun kadar cholesterol masih juga tinggi, atau sulit untuk diturunkan hingga ke batas yang normal, maka ini adalah saat dimana kita harus mulai meminta bantuan seorang dokter untuk membantu kita menurunkan dan menormalkan kadar cholesterol kita ini, dengan memakai obat-obatan anti cholesterol yang ada. 

Obat-obatan yang kita kenal antara lain adalah :


  • Golongan Statin - obat ini akan menghalangi organ hati untuk memproduksi cholesterol, dengan tujuan agar jumlah cholesterol kita menjadi normal kembali.Obat ini mempunyai efek simpang yang mengganggu pemakai, sehingga obat ini harus diberikan oleh dokter saja.  
  • Obat cholesterol absorption inhibitors - yang bertujuan untuk menghambat penyerapan cholesterol didalam usus, sehingga diharapkan kadar cholesterol akan menurun kembali normal 
  •  Aspirin - obat ini untuk mencegah penggumpalan darah dan menghindarkan terjadinya sumbatan bekuan darah dipembunluh darah kecil kapiler di otak dan jantung
  •  Obat untuk menurunkan kadar lemak trigliserida
  •  Niacin - adalah vitamin B yang juga banyak terdapat dalam makanan. Dosis tinggi niacin akan menurunkan kadar LDL juga HDL. Juga mempunyai efek simpang seperti sakit kepala, gatal-gatal, rasa panas diwajah dan rasa baal 
  • Obat Anti Hipertensi - jika anda juga menderita hipertensi,  maka dokter akan memberikan beberapa jenis obta anti hipertensi, yang jenis dan dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan kesehatan anda    

Kesimpulan: 

  1. Cholesterol - adalah zat hasil metabolisme yang dibentuk oleh organ hati 
  2. Cholesterol mempunyai jenis LDL, HDL dan Trigliserida 
  3. Cholesterol memppunyai fungsi  yang sangat penting bagi tubuh dan kesehatan,  karena dari cholesterol ini, akan dibuat dinding sel,banyak jenis hormon yang penting untuk fungsi normal tubuh kita, juga membuat empedu untuk pencernaan, membuat vitamain D, dll  hal 
  4. Jumlah cholesterol yang berlebihan akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh, akan terjadi penyakit jantung dan pembuluh darah juga otak  
  5. Tidak akan ada kehidupan bila tidak ada cholesterol !



1 komentar:

  1. penjelasan kolesterol yang sangat lengkap, menambah wawasan saya , terima kasih sudah berbagi info.
    paru paru perokok manfaat kunyit asam

    BalasHapus